PT Bestprofit Medan

10 Manfaat Bersyukur

Best profit Futures7Best Profit Futures – Kebanyakan orang menganggap bersyukur adalah masalah hubungan seseorang dengan Tuhannya. Semacam, jika hari ini bersyukur maka esok hari atau lusa Tuhan akan memberi kemudahan atau kelebihan sebagai balasannya. Atau jika di dunia tak dapat, Tuhan akan memberi pahalanya di akhirat kelak.

Ternyata syukur juga memberi manfaat langsung. Jadi tak perlu menunggu sampai meninggal dan berharap balasannya didapat di akhirat. Sepuluh manfaat syukur berikut ini ditemukan dari hasil penelitian:

1. Baik untuk kesehatan mental remaja
Hasil penelitian American Psychological Association menyebutkan, remaja yang bersyukur jauh lebih berbahagia. Mereka juga memiliki pandangan positif tentang kehidupan dan berperilaku lebih baik, serta lebih penuh harapan dari rekan-rekannya yang kurang bersyukur.

2. Mendorong hidup lebih tenteram
Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang berpikiran positif akan mudah bersyukur. Jika mendapatkan sesuatu, mereka akan mensyukurinya dan membandingkannya dengan orang lain yang tak mendapatkannya. Hal inilah yang membuat hidupnya tenang dan tenteram.

3. Prestasi sekolah lebih baik
Anak sekolah yang bersyukur memiliki nilai lebih baik. Selain itu memiliki hubungan sosial dan kepuasan hidup yang lebih baik. Hasil penelitian juga menemukan bahwa remaja yang bersyukur jarang depresi dan iri hati. Ini terbawa hingga usia dewasa di mana hidup mereka lebih tenteram dan sejahtera.

4. Lebih mampu berteman
Berdasarkan penelitian, orang yang bersyukur memiliki kepribadian yang lebih baik, mudah menolong orang. Hal ini membuatnya mudah berteman.

5. Tidur lebih baik
Masalah tidur menjadi problem banyak orang yang pada akhirnya mengganggu kesehatan. Orang yang bersyukur cenderung memiliki kualitas tidur yang lebih baik.

6. Memperkuat hubungan
Bersyukur atas apa yang dilakukan teman atau pasangan akan memperkuat hubungan di antara mereka.

7. Menyehatkan jantung
Hasil penelitian menunjukkan bahwa salah satu faktor kesehatan jantung ada hubungannya dengan emosi positif dan apresiasi seseorang. Karena itu sikap selalu bersyukur menjadi penting bagi penderita jantung.

8. Baik untuk moral tim
Penelitian menyebutkan, atlet cenderung lebih mudah terbakar emosinya, tetapi akan mengalami kepuasan hidup lebih tinggi jika bersyukur dan kepuasan itu akan merembet ke anggota timnya.

9. Berhubungan dengan sistem imun
Bersyukur berhubungan dengan sikap optimisme. Pada gilirannya sikap optimis itu akan membangun daya tahan tubuh (imunitas) yang lebih baik. Sebagai contoh, penelitian University of Utah menunjukkan bahwa mahasiswa hukum yang optimis memiliki lebih banyak sel darah putih untuk meningkatkan kekebalan tubuhnya ketimbang mereka yang pesimis.

10. Melindungi diri dari emosi negatif dan kurang kontrol
Penelitian menunjukkan bahwa peristiwa negatif dapat meningkatkan rasa syukur dan rasa syukur dapat membantu meningkatkan perasaan memiliki dan menurunkan stres. Sebuah survei menunjukkan bahwa perasaan syukur (dari warga AS) sangat tinggi setelah peristiwa 9/11.

Sumber : andriewongso.com