PT Bestprofit Medan

2 dari 5 Pengguna Internet Pernah Di-“Bully”

Best profit Futures6Best Profit Futures – Sebuah survei yang dilakukan Pew Research Center melaporkan bahwa 40 persen dari pengguna internet pernah mengalami bullying(cyber bullying) saat berselancar di dunia maya.

Bentuk perundungan itu berbagai macam bentuknya dari ancaman fisik, pengintaian (stalking) hingga pelecehan seksual. Aneka macam bentuk bullying yang biasanya terjadi pada wanita justru dialami seluruh pengguna internet tanpa memandang umur serta jenis kelamin.

Dengan responden sebanyak 2.849 pengguna internet, studi yang dilakukan Pew adalah penelitian yang paling mendetail mengenai bentuk kekerasan di dunia maya pada saat ini.

Berikut hasil penelitian yang dilakukan Pew mengenai cyber bullying pada pengguna internet:

60% pengguna internet melihat seseorang melakukan penghinaan dengan kata-kata kasar
53% pengguna menyaksikan ancaman fisik terhadap seseorang.
25% pengguna menjadi saksi terjadinya ancaman fisik
24% pengguna melihat aksi pelecehan dalam periode tertentu
19% menyatakan bahwa mereka menyaksikan terjadinya pelecehan seksual
18% pengguna menyatakan menyaksikan aksi stalking terhadap seseorang

Pengguna muda pada umur 18 hingga 29 tahun menjadi korban terbanyak dari pelecehan di internet. Dari 65 persen pengguna muda menjadi target dari setidaknya satu elemen pelecehan dari survei yang dilakukan.

Sementara itu wanita muda pada umur 18 hingga 24 tahun menjadi korban pelecehan di internet. 26 persen wanita muda tersebut sudah diintai dan 25 persen menjadi target pelecehan seksual.

Sumber : beritasatu.com