PT Bestprofit Medan

4 Hal Tak Terduga yang Membahayakan Jantung Anda

PT Bestprofit Futures Medan

PT Bestprofit Futures Medan

– Jakarta, Kelebihan berat badan dan jarang olahraga merupakan faktor risiko utama penyakit jantung. Padahal selain dua hal tersebut, ada hal-hal lain yang tak terduga namun juga membahayakan jantung Anda. Apa saja?

Jantung merupakan organ paling vital bagi tubuh manusia. Jantung berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh sekaligus mengalirkannya ke paru-paru.

Seperti disebutkan, kelebihan berat dan jarang olahraga merusak kesehatan pembuluh darah yang akhirnya membuat kerja jantung lebih berat. Namun kelebihan berat badan dan jarang olahraga bukan satu-satunya hal yang dapat membahayakan jantung.

Dirangkum detikHealth dari berbagai sumber, berikut 4 hal tak terduga yang membahayakan jantung Anda:

1. Seks rutin

Pria yang berhubungan intim sedikitnya satu kali dalam sepekan berisiko dua kali lipat untuk mengalami serangan jantung dalam kurun waktu lima tahun. Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat.

“Itu artinya seks tidak melulu bermanfaat bagi setiap orang, sebab mereka yang aktif bercinta nyatanya berisiko mengalami serangan jantung lebih besar daripada mereka yang tidak lagi aktif,” tandas peneliti, Prof Hui Liu dari Michigan State University.

2. Makan terlalu malam

Dikutip dari The Independent, tekanan darah seseorang seharusnya turun sebesar 10 persen setiap malam atau menjelang tidur. Akan tetapi hal ini tidak terjadi pada mereka yang makan di atas jam 7 malam. Hal ini diklaim dapat meningkatkan peluang seseorang untuk terkena serangan jantung.

“Apalagi jika makan malamnya dua jam menjelang tidur, efek kerusakannya bisa lebih buruk ketimbang terus-terusan makan makanan tinggi garam sekalipun,” tutur peneliti Dr Ebru Ozpelit.

3. Abses gigi

Disampaikan oleh Prof Dr drg Lindawati S. Kusdhany, Sp.Pros(K), abses sebenarnya menandakan bahwa gigi tersebut sudah tidak sehat dan terjadi pembentukan nanah. Selama gigi tersebut tidak dilakukan perawatan saluran akar, maka abses tersebut tidak mungkin bisa sembuh sendiri.

Ia melanjutkan, kuman dari gigi akan terbawa aliran darah dan menyebabkan infeksi di organ tubuh lainnya. Beberapa penelitian membuktikan adanya hubungan antara bakteri dari rongga mulut dan gigi, dengan terjadinya peningkatan risiko pneumonia dan penyakit jantung. Read more PT Bestprofit Futures Medan

Sumber oleh : health.detik.com