PT Bestprofit Medan

4 Mahasiswa MM UGM Go Internasional Ikuti Debat PBB di Austria

PT BestProfit Futures Medan

PT BestProfit Futures Medan

– Jakarta – Empat mahasiswa FEB MM UGM bakal go internasional ke forum debat level internasional. Mereka akan membawa nama Indonesia dalam forum Vienna International Model United Nations (VIMUN) yang diadakan di Vienna, Austria pada 2-6 Agustus 2015 mendatang.

Empat mahasiswa MM UGM tersebut akan bertolak ke Vienna pada 1 Agustus 2015 mendatang. Mereka adalah Kukuh Iman Nursetiawan (24), Ryandra Kurnia (24), Tommy Eka Putra (26), danĀ  Anita Sabrina (23).

Mahasiswa MM UGM alumnus ITB, Kukuh Iman Nursetiawan, ditunjuk sebagai ketua delegasi. Dalam perbincangan santai dengan detikcom, Minggu (28/6/2015), Kukuh memaparkan VIMUN kurang lebih seperti simulasi sidang PBB yang dihadiri oleh mahasiswa dari seluruh dunia.

“VIMUN itu simulasi sidang PBB, model united nation yang diadakan tiap tahunnya di berbagai negara, kebetulan untuk ini di VIMUN di Austria khususnya kantor PBB di Austria,” kata Kukuh menjelaskan forum debat kelas dunia itu.

Lalu sebenarnya apa saja kegiatan para mahasiswa dari seluruh dunia di acara yang digelar di Vienna itu? Rupanya meski membawa nama Indonesia namun mereka di sana akan menjadi pembicara isu-isu seputar negara lain.

“Jadi kita selain negara asal kita untuk membahas isu-isu yang sedang panas. Kalau saya memilih IMF dan World Bank, kita mewakili negara yang berbeda-beda, jadi kita harus paham tentang negara yang kita wakili ini, justru tidak boleh mewakili Indonesia. Negara yang saya ambil Singapura,” katanya.

Para mahasiswa dari seluruh dunia nantinya akan memperebutkan tahta sebagai pembicara paling top. “Nanti ada semacam memperebutkan best speaker, pembicara terbaik,” kata arek Surabaya kelahiran 10 Maret 1991 ini.

Sementara itu Ryandra Kurnia yang lulusan Universitas Al-Azhar Indonesia memilih mengambil tema debat tentang framing pemberitaan media. “Medianya reuters, salah satu media tertua dan terbesar di Inggris Raya,” kata Ryandra saat ditemui detikcom di Kampus Magister Manajemen Universitas Gadjah Mada di Jl Dr Saharjo No 83, Tebet, Jakarta Selatan.

Ryandra belum pernah ikut ajang semacam ini sebelumnya. “Ini pertama kalinya,” katanya antusias.

“Persiapan khususnya justru saat sebelum bikin paper. Kita riset-riset. Kalau sekarang lebih mematangkan aja apa yang telah kita punya,” ujarnya memaparkan persiapan go internasional itu.

Demikian pula Anita Sabrina yang menempuh S1 di Universitas Bina Nusantara juga baru pertama kali mengikuti even semacam ini. Dia pun mematangkan conversation class untuk mematangkan bahasa Inggrisnya.

 

PT BestProfit Futures Medan

Sumber oleh : news.detik.com