PT Bestprofit Medan

4G LTE Tahap Dua Disahkan, Bagaimana Perbandingan Kecepatan dari 5 Operator Telekomunikasi di Indonesia?

PT Bestprofit Futures Medan

PT Bestprofit Futures Medan

– Sejak pengesahan tahap kedua jaringan 4G dengan frekuensi 1.800 MHz oleh Kemenkominfo Selasa (6/7) lalu, penyedia layanan telekomunikasi mulai melakukan uji jaringan. Peresmian ini dilakukan secara serentak bersama lima operator seluler, yakni Telkomsel, Indosat, XL Axiata, Tri, dan Smartfren di lima kota di Indonesia, yakni Makassar, Balikpapan, Lombok, Banjarmasin, dan Batam. Lantas, berapa kecepatan maksimal internet yang bisa dicapai kelima operator tersebut?

Layanan internet di Indonesia memang masih jauh dari kata memuaskan. Jangankan bicara kecepatan, untuk bisa mendapatkan jaringan internet yang lumayan stabil saja masih susah.

Jaringan 4G LTE (Long Term Evolution) merupakan teknologi jaringan telekomunikasi terbaru yang dikategorikan sebagai teknologi generasi keempat. LTE digadang-gadang memiliki keunggulan pada kecepatan dan efisiensi jaringan, sehingga pelanggan dapat menikmati layanan data dengan lebih nyaman, cepat, dan efisien.

Tak pelak kehadiran layanan 4G LTE di Indonesia disambut gembira oleh para pengguna internet di Tanah Air. Secercah harapan kini membuncah dibenak para pengguna yang memimpikan layanan internet yang cepat dan stabil.

Saat ini ada lima operator di Indonesia yang telah menyediakan layanan 4G LTE, yakni Telkomsel, Indosat, XL, Smartfren, dan Tri yang masih baru dalam tahap uji coba. Sebelumnya Tech in Asia juga sudah pernah menjabarkan uji coba perbandingan kecepatan operator yang telah menyiapkan layanan 4G, yakni Bolt Super 4G, XL, dan Telkomsel di 2014. Kini kelima vendor besar di Indonesia tersebut nampaknya sudah lebih siap dan matang hingga menyajikan uji jaringan.

Setelah diresmikan, banyak yang penasaran berapa kecepatan maksimal yang bisa dicapai layanan 4G dari masing-masing operator telekomunikasi tersebut?

Telkomsel

Telkomsel menjadi satu-satunya operator yang telah siap menggelar layanan 4G LTE di frekuensi 1.800 MHz secara komersial. Tak ayal, operator dengan 140 juta pelanggan ini langsung tancap gas meninggalkan para pesaingnya begitu mendapatkan “restu” menggelar jaringan 4G di 1.800 MHz.

Telkomsel terbilang cepat dalam melakukan pembangunan infrastruktur, tak kurang 150eNode B – BTS yang umum digunakan sebagai penanda jaringan 3,5G hingga 4G – untuk BTS 4G langsung siap beroperasi di hari pertama (6/7) peluncuran yang dilakukan di Makassar.

Telkomsel mengklaim jaringan 4G di kota Makassar saat resmi diluncurkan memiliki kecepatan rata-rata 72 Mbps. Seperti dilansir dari DroidLime, Telkomsel juga memilih Makassar karena meningkatnya konsumsi penggunaan layanan data hingga 166 persen pada Q1 2015 jika dibandingkan dengan Q1 2014. PT Bestprofit Futures Medan

Sumber Oleh : id.techinasia.com