PT Bestprofit Medan

5 Hal yang Bisa Memicu Timbulnya Sariawan di Mulut

PT Bestprofit Futures Medan

PT Bestprofit Futures Medan

– Jakarta, Lesi di mulut atau sariawan bisa menjadi hal yang mengganggu. Aktivitas makan, minum, dan bahkan berbicara bisa jadi terbatas karena rasa sakit yang ditimbulkan.

Apa saja yang bisa menjadi penyebab sariawan bisa bermacam-macam. Umumnya sariawan muncul bukan karena sesuatu yang serius tapi jangan dianggap remeh karena terkadang bisa juga jadi tanda penyakit tertentu.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut lima hal yang bisa memicu sariawan:

1. Stres

Banyak pakar mengaitkan sariawan dengan daya tahan tubuh yang menurun. Stres, sebagaimana juga alergi, merupakan penyebab sistem imun melemah sehingga diduga turut berkontribusi meningkatkan risiko sariawan.

Alasan lain untuk mengaitkan stres dengan sariawan adalah perilaku saat mengunyah makanan. Saat sedang berada di bawah tekanan, seseorang cenderung terburu-buru dan kurang konsentrasi saat mengunyah. Dampaknya, bibir atau lidah rentan tergigit lalu menjadi sairawan.

2. Kurang nutrisi

Konsultan detikHealth dr Dito Anugroho mengatakan apabila tubuh kekurangan nutrisi seperti zat besi, asam folat, dan vitamin B12 maka sariawan dapat lebih sering muncul. Beberapa nutrisi tersebut diketahui memegang peran penting dalam menjaga kekebalan tubuh.

3. Kebersihan tak terjaga

Rongga mulut yang kebersihannya tak terjaga dapat mendorong aktivitas bakteri yang lebih banyak membuat sariawan akan lebih mudah muncul. Selain itu di dalam mulut yang tak terawat bisa juga terdapat banyak jamur Candida albicans yang kembali lagi bisa memicu munculnya sariawan.

4. Virus

Sariawan bisa menjadi salah satu gejala dari penyakit akibat inveksi oleh virus. Sebagai contoh ada virus Herpes simpleks yang bisa menyebabkan penyakit stomatitis dan ada juga keluarga Coxsackievirusvirus yang bisa menyebabkan penyakit flu singapura.

5. Obat-obatan

Kadang sariawan muncul bukan karena bakteri, virus, atau jamur yang menyerang tubuh melainkan efek samping obat. Beberapa jenis obat yang digunakan untuk kemoterapi misalnya bisa berdampak menurunkan sistem kekebalan tubuh sehingga turut berkontribusi menimbulkan sariawan. PT Bestprofit Futures Medan

Sumber oleh : health.detik.com