PT Bestprofit Medan

Aneka Manfaat Garam Bagi Tubuh Manusia

PT Bestprofit Futures Medan

PT Bestprofit Futures Medan

– Jakarta, Garam merupakan bumbu ‘wajib’ sebagian orang. Maklum masih banyak orang yang tidak suka makanan hambar. Lantas apa saja manfaat sehat garam?

Dituturkan Retno Sasongkowati, S.Pd., S.Si., M.Kes. dalam buku ‘Bahaya Gula, Garam dan Lemak’ garam memiliki dua komponen dasar berupa natrium dan klorin. Klorin dalam garam diperlukan tubuh dalam pembentukan asam klorida yang bisa membantu membunuh kuman penyakit di lambung. Selain itu juga diperlukan untuk mengubah pepsinogen menjadi pepsin di pencernaan.

Lalu apa manfaat natrium, zat utama dalam garam, bagi tubuh manusia?”Natrium dalam garam berfungsi untuk menjaga saraf tubuh kita yang bertugas mengirimkan pesan ke seluruh tubuh dan juga menguatkan otot dalam bekerja,” jelas Retno.

Unsur natrium dalam garam juga bertugas menukar zat makanan yang lama dengan yang baru. Natrium juga bisa membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Meski demikian, manusia hanya butuh natrium dalam jumlah kecil, yakni sekitar seperempat sendok teh atau 500 mg.

Fungsi otot untuk kontraksi dan relaksasi juga bisa dijaga oleh natrium. Manfaat lainnya adalah untuk membantu sel saraf meneruskan impuls elektrik.

Garam juga bermanfaat untuk perawatan luar tubuh. Misalnya saja jika Anda memiliki masalah kulit kering di kaki, maka bisa merendam dalam air hangat yag telah diberi segenggam garam. Retno menyarankan untuk memijat kaki perlahan menggunakan batu apung atau sikat halus.

Selanjutnya diamkan kaki selama 10 menit, kemudian bilas dengan air dingin. Setelah kaki dikeringkan, oleskan losion untuk melembapkannya. PT Bestprofit Futures Medan

Sumber oleh : health.detik.com