PT Bestprofit Medan

Apa Saja Sih Liburan yang Bermanfaat?

Best Profit Futures 6Best Profit Futures – Waktu yang paling di tunggu – tunggu bagi setiap orang adalah liburan. Jika anak sudah memaknai liburan dengan hadiah, mengabulkan daftar keinginan, dan dekorasi, ini saatnya Anda mengembalikan makna dasar liburan sesungguhnya pada mereka. Liburan sekolah adalah saat yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama dengan ana. Anda bisa memanfaatkan waktu liburan sekolah ini untuk lebih mendekatkan diri dengan anak mengingat selama ini anak bersekolah dan Anda pun sibuk dengan aktivitas sehari-hari. Mengisi waktu liburan sekolah anak bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan berkunjung ke tempat-tempat wisata yang tak jauh dari tempat tinggal Anda dan melakukan beberapa kegiatan bermanfaat yang dapat dilakukan bersama-sama saat weekend atau akhir pekan.

Di Indonesia, terdapat berbagai macam tempat wisata yang menawarkan kegiatan edutainment yang sangat cocok untuk mengisi liburan sekolah anak. Apa saja?

1. Museum.

Ketika liburan, Anda bisa mengajak si kecil berkunjung ke museum. Museum adalah tempat menyimpan berbagai benda bersejarah yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan pembelajaran dan pariwisata. Anda bisa menjadi tour guide bagi anak Anda yang bertugas menjelaskan benda-benda yang dilihatnya. Selain dapat belajar sejarah, berkunjung ke museum juga tidak mahal. Biaya masuk museum berkisar antara Rp. 3,000 – Rp 10,000, namun ada museum yang biaya masuknya gratis.

2. Kebun Binatang.

Di kebun binatang, anak tentunya bisa mengenal berbagai macam binatang. Tidak hanya nama binatang, mereka juga bisa mengenal habitat masing-masing, misalnya harimau hidup di darat, sedangkan ikan di air. Anak juga dapat mengetahui jenis makanan binatang, seperti singa memakan daging atau monyet memakan buah-buahan. Di Bogor, ada kebun binatang di mana Anda dan si Kecil bisa langsung mengelilingi kebun dengan kereta yang disediakan atau mobil pribadi. Tiket masuk kebun binatang beragam, sekitar Rp. 10,000 – Rp. 250,000.

3. Agrowisata.

Agrowisata adalah kegiatan wisata yang melibatkan penggunaan lahan pertanian. Tidak hanya pertanian, agrowisata juga bisa dikaitkan dengan peternakan. Berlibur ke perkebunan teh atau taman buah misalnya. Disana, si Kecil bisa memetik buah atau daun teh dengan tangannya sendiri lalu mengolahnya menjadi jus atau teh. Tiket masuk ke perkebunan seperti ini mulai dari Rp. 10,000 – Rp. 100,000 tergantung dari tempat agrowisata yang akan Anda kunjungi.

4. Taman bunga.

Berwisata ke taman bunga, anak bisa mengenal berbagai jenis bunga, baik itu jenis bunga lokal ataupun dari luar negeri. Berwisata ke taman bunga seperti ini dibutuhkan biaya sekitar Rp 10,000 – Rp 100,000 untuk tiket masuk.

5. Wisata berkemah.

Kini banyak tempat yang menawarkan kegiatan berkemah di tengah-tengah pegunungan atau hutan. Dengan berkemah, Anda dan si Kecil dapat merasakan sejuknya udara pegunungan yang mungkin sudah jarang ditemukan di kota besar. Anak juga bisa belajar memasak air atau makanan menggunakan api unggun. Selain itu, ia akan belajar mencintai alam. Jika anak berkemah dengan teman-temannya karena mengikuti kegiatan jambore atau pramuka, maka ia akan belajar kedisiplinan, kepemimpinan, kemandirian, dan sebagainya. Harga berkemah di setiap tempat berbeda, mulai dari Rp 50,000 – Rp 800,000.

6. Kursus memasak.

Padatnya pekerjaan atau aktivitas Anda membuat Anda tidak sempat mengajarkan si Kecil memasak. Jangan khawatir Mam, Anda bisa mendaftarkan si Kecil mengikuti kursus memasak selama liburan sekolah. Dengan mengikuti kursus memasak, anak tidak hanya diajarkan memasak, melainkan juga mengembangkan kemampuan motorik halus, koordinasi mata dan tangan, mengasah kreativitas dan jiwa seni, kemampuan bersosialisasi, konsep matematika, kemampuan berbahasa, dan rasa percaya diri. Biaya pendaftaran kursus memasak berkisar antara Rp 300,000 – Rp 5,000,000.

7. Wahana yang mengenalkan berbagai profesi.

Anda bisa mengajak si Kecil berlibur ke suatu wahana yang mengenalkan berbagai profesi. Di sini, si Kecil belajar memainkan peran sebagai orang dewasa dan pekerjaannya, seperti menjadi dokter, pilot, pekerja konstruksi, polisi, koki atau chef, dan sebagainya. Harga tiket masuk wahana ini sekitar Rp. 50,000 – Rp. 200,000 tergantung usia anak.

8. Kelas membatik.

Saat liburan adalah saat yang tepat untuk mengenalkan kebudayaan Indonesia pada si Kecil. Anda bisa mendaftarkannya ke kelas membatik dengan tujuan menanamkan kecintaan pada batik dan budaya Indonesia lainnya pada anak. Kelas membatik biasanya dibuka di pusat-pusat perbelanjaan (mall) atau di tempat pengolahan batik. Biaya yang dikenakan untuk kelas membatik ini berkisar antara Rp. 50,000 – Rp. 1,000,000.

9. Sekolah kepribadian.

Saat liburan adalah saat yang tepat untuk mendaftarkan anak Anda ke sekolah kepribadian. Di tempat ini,si Kecil belajartentang bagaimana berkomunikasi yang baik, etika, jalan di catwalkatau cara berjalan yang baik dan benar, cara atau etiket makan yang benar (table manner), dan sebagainya. Program ini bertujuan untuk membantu meningkatkan kepercayaan diri dan performa anak dalam kehidupannya sehari-hari.Biaya masuk sekolah kepribadian ini cukup mahal, budget yang dibutuhkan antara Rp. 4,000,000 – Rp. 30,000,000.

Jadikan liburan Anda dan keluarga merupakan hal yang sangat berkesan dan bermanfaat. Berikan kebahagiaan saat liburan dan dapatkan pengalaman baru dari liburan.Selain dari apa yang telah disebutkan diatas, masih banyak tempat wisata lainnya yang bisa Anda kujungi bersama si Kecil untuk mengisi liburan sekolah mereka. Tempat wisata yang sifatnya mendidik namun menghibur bagi anak dan keluarga.

Selamat berlibur!

PT.BESTPROFIT FUTURES MEDAN

Sumber : kesekolah.com