PT Bestprofit Medan

Badan Sering Lemas? Ini Penyebabnya

Best profit Futures5Best Profit Futures – Apakah Anda pernah merasakan lemas seharian? Bahkan sampai tidak ada semangat sekali untuk beraktivitas. Pada umumnya, kondisi lemas dan lelah banyak dikaitkan oleh indikasi dari penyakit-penyakit. Namun sebelum lebih jauh berbicara soal potensi gejala penyakit, sebetulnya ada beberapa faktor lainnya yang bisa menyebabkan kenapa kita bisa lemas dan lelah seharian.

Berikut beberapa penyebab kenapa badan kita terasa lemas: 
1. Berapa lama Anda tidur
Kurang tidur menjadi salah satu penyebab kelelahan yang paling sering dikeluhkan oleh seseorang. Saat Anda kurang tidur lebih baik Anda menghindari kafein dan alkohol terutama beberapa jam sebelum tidur. Atau bahkan terlalu banyak tidur juga dapat menyebabkan kelelahan dan lemas-lemas. Lama jam tidur paling ideal pada umumnya adalah 8 jam tidur dalam sehari, menyesuaikan usia dan kondisi biologis yang ada.

2. Apa yang kita makan
Mengkonsumsi kafein dan gula dapat menjadi bumerang bagi kesehatan. Pasalnya kafein dan gula justru dapat membuat Anda semakin lelah dan lemas-lemas. Tidak luput pula, terdapat sederet risiko kesehatan lainnya yang ditimbulkan kafein dan gula. Daripada mengkonsumsi gula dan kopi lebih baik Anda mengkonsumsi buah, sayur, dan protein. Dengan mengkonsumsi makanan sehat maka rasa lelah Anda dapat berkurang.

3. Berapa Banyak Anda Olahraga
Bila Anda sering merasa lelah justru salah satu terapinya adalah dengan olahraga. Olahraga yang Anda lakukan sebaiknya diakhiri 3 jam sebelum waktu tidur. Dengan rajin berolahraga justru dapat meningkatkan stamina. Beberapa ahli menyarankan agar rutin berolahrga paling tidak 40 menit selama 4 hari dalam seminggu.

4. Kelainan Pada Jantung
Kelelahan dapat menjadi suatu pertanda penyakit jantung terutama pada wanita. Apabila Anda merasakan gangguan dalam melakukan olahraga atau merasa semakin buruk setelah berolahraga dapat menunjukkan kemungkinan adanya kelainan pada jantung. Coba segera lakukan pemeriksaan ke dokter.

5. Anemia
Kondisi ini merupakan penyebab kelelahan yang paling sering terjadi. Keadaan anemia sering dialami oleh wanita, terutama berkaitan dengn menstruasi yang berat. BIla Anda mengalami hal ini, sebaiknya harus dipastikan dengan pemeriksaan darah. Anda juga dapat mengkonsumsi makanan yang tinggi akan zat besi seperti daging dan sayuran hijau.

Namun memang hal yang paling penting dalam mengatasi kelelahan adalah dengan mengatasi 3 hal yang paling utama yaitu pola tidur, diet dan olahraga.

Sumber : kesekolah.com