PT Bestprofit Medan

Bahaya Konsumsi Telur Mentah atau Setengah Matang

PT. Best Profit Futures Medan – Jakarta, CNN Indonesia — Telur mentah dan telur setengah matang adalah makanan yang biasa dikonsumsi masyarakat Indonesia. Makanan ini diyakini punya khasiat yang mujarab untuk kesehatan dan stamina. Namun benarkah telur mentah dan telur setengah matang memiliki khasiat untuk kesehatan?

Conny Tanjung, dari Ikatan Dokter Anak Indonesia ketika ditemui di Cikini, Jakarta Pusat (23/4), mengungkapkan hobi makan telur mentah rupanya berisiko pada kesehatan.

“Di dalam kuning telur yang mentah, dikhawatirkan mengandung kuman Salmonella yang berbahaya bagi kesehatan,” kata Conny.

Salmonella adalah jenis bakteri gram negatif (bakteri yang tidak mempertahankan zat warna kristal violet sewaktu proses pewarnaan) enterobakteria yang menyebabkan penyakit tifoid, paratifoid dan foodborne. Penyakit tifoid adalah penyakit yang ditimbulkan oleh infeksi bakteri Salmonella melalui makanan yang tercemar.

Salmonella termasuk penyebab penyakit yang ditularkan melalui makanan. Salah satu jenis bakteri Salmonella adalah Salmonella thypi yang menyebabkan penyakit tifus.

Penyakit ini dapat berakibat fatal ketika menyerang balita, anak-anak, ibu hamil dan kandungannya, serta lanjut usia. Hal itu disebabkan kondisi imun (kekebalan tubuh) mereka yang tengah menurun.

“Bahkan pada telur setengah makan, orang dewasa pun tidak disarankan untuk mengonsumsinya,” ucap Conny.

Salah satu upaya pencegahan penyebaran bakteri Salmonella adalah dengan memasak makanan dengan baik, higienis, dan matang. Tak lupa Anda juga harus menjaga kebersihan tangan dan alat makan yang akan digunakan.

Lalu bolehkah jika hanya kuning telur setengah matang atau bahkan mentah yang makan? Conny tak juga menyarankannya.

“Dalam kuning telur memang terdapat lemak yang bermanfaat bagi otak, tetapi tetap tidak disarankan untuk mengonsumsinya dalam kondisi mentah, karena secara kedokteran, tidak ada kaitannya telur mentah dengan upaya peningkatan kesehatan,” ujar dia.

sumber oleh : CNN Indonesia