PT Bestprofit Medan

Bawang Putih Bisa Bantu Atasi Jerawat, Begini Cara Menggunakannya

PT Bestprofit Futures Medan

PT Bestprofit Futures Medan

– Jakarta, Munculnya jerawat terutama di wajah bisa menjengkelkan. Nah, untuk mengusir jerawat tersebut, salah satu bahan alami yang bisa digunakan yakni bawang putih.

Tim dokter Konsula, direktori dokter dan layanan konsultasi kesehatan keluarga, dr Murni Fianti Eksan Margo mengatakan bahwa bawang putih memiliki khasiat sebagai bahan alami penangkal jerawat. Sebab, bawang putih mengandung allicin yang mampu mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat

Selain itu, lanjut dr Murni, bawang putih juga mengandung beragam zat multifungsi yang berperan sebagai antivirus, antijamur, antioksidan dan antiseptic. dr Murni mengatakan, efektivitas larutan bawang putih untuk mengobati jerawat telah diuji dan hasilnya menunjukkan bahwa ekstrak bawang putih memiliki daya hambat pertumbuhan bakteri Propionibacterium acne penyebab timbulnya jerawat sebesar 55 persen.

“Bawang putih mengandung antimikroba yang luas dan antikarsinogen. Serta kandungan allicin di dalamnya yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri pembentuk jerawat,” kata dr Murni dalam keterangan tertulisnya.

Jika Anda hendak menggunakan bawang putih untuk mengatasi jerawat, tumbuk 350 gram bawang putih yang sudah dikupas lalu gunakan kassa steril untuk menyaring sari (ekstrak) dari hasil tumbukan bawang putih tersebut. Lalu, bubuhkan esktrak tersebut pada bagian yang terdapat jerawat. Diamkan sekitar 10 menit atau lebih baik lakukan cara ini di malam hari.

Pada jerawat yang belum atau tidak terlalu parah, di pagi harinya jerawat bisa mulai kempis dan mengecil. dr Murni mengingatkan, ekstrak bawang putih ini lebih tepat digunakan saat kondisi jerawat belum terlalu parah atau baru akan muncul. Agar mendapatkan jumlah allicin yang maksimal, sebaiknya tumbuk bawang putih di dalam plastik sehingga hasil ekstraknya masih utuh.

“Proses pengobatan jerawat menggunakan bahan-bahan alami tentu butuh waktu yang lebih dibanding dengan obat-obat kimia. Apalagi jika jerawat sudah dalam kondisi tahap lanjut. Selain itu, perlu dipahami bahwa cara terbaik mengatasi jerawat adalah dengan menyehatkan kulit wajah kita,” tutur dr Murni yang juga praktik di Klinik Mutiara Kosambi Tangerang ini. PT Bestprofit Futures Medan

Sumber oleh: health.detik.com