PT Bestprofit Medan

Bedah Mikro, Salah Satu ‘Senjata’ Ampuh dalam Prosedur Bedah Plastik

PT Bestprofit Futures Medan

PT Bestprofit Futures Medan

– Jakarta, Prosedur bedah plastik berguna untuk melakukan proses rekonstruksi bagian tubuh tertentu atau fungsi estetika. Nah, rekonstruksi adalah proses memperbaiki kondisi tubuh yang tidak normal, sedangkan estetika adalah mempercantik bagian tubuh yang sudah normal.

Hal tersebut disampaikan dr Budiman, SpBP-RE(K), MARS. Ia menambahkan, dalam praktiknya di Indonesia, prosedur bedah plastik memiliki salah satu metode andalan yaitu bedah mikro. dr Budiman mengatakan, bedah mikro adalah suatu tindakan yang dalam pelaksanaannya menggunakan mikroskop.

Hal tersebut disampaikan dr Budiman, SpBP-RE(K), MARS. Ia menambahkan, dalam praktiknya di Indonesia, prosedur bedah plastik memiliki salah satu metode andalan yaitu bedah mikro. dr Budiman mengatakan, bedah mikro adalah suatu tindakan yang dalam pelaksanaannya menggunakan mikroskop. “Metode ini bisa dikatakan merupakan senjata paling ampuh dalam proses bedah plastik. Ciri khas dari bedah plastik adalah selalu menjadi problem solving di saat ahli lain tidak bisa menanganinya,” terang dr Budiman di temu media PIT PERAPI 2016 di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

dr Budiman mencontohkan, metode bedah mikro cukup ampuh untuk mengatasi kondisi seseorang yang kehilangan rahang akibat tumor. Dengan bedah mikro, dokter dapat menggunakan tulang fibula untuk dibentuk dan ditempel di rahang. Dikatakan dr Budiman, tulang fibula memiliki anatomi otot dan pembuluh darah yang menempel sehingga dapat disambung dan menjadi satu kesatuan.

Selain itu, dapat dilakukan pula teknik free plat di mana tulang fibula dapat ditanami gigi palsu. Hal ini bisa dilakukan karena tulang fibula ‘hidup’. Metode ini dinilai lebih baik daripada metode lama di mana rahang hanya dapat diganti dengan menggunakan plat berbentuk rahang dan ditempel, tapi plat tersebut tidak dapat ditanami gigi palsu.

“Sedangkan untuk bagian tubuh yang putus dan ingin disambung harus dipastikan bahwa bagian tersebut clean cut. Dan pastikan penyimpanan bagian tubuh tersebut dilakukan dengan benar seperti direndam dalam air es yang kedap udara seperti termos,” kata dr Budiman. PT Bestprofit Futures Medan

Sumber oleh : health.detik.com