PT Bestprofit Medan

Begini Bahaya Air Hujan yang Terkontaminasi Zat Polutan

PT Bestprofit Futures Medan

PT Bestprofit Futures Medan –

Jakarta, Anggapan yang menyebut hujan dapat menghilangkan polutan di udara ternyata tidak benar. Bahkan menurut pakar, hujan bisa terkontaminasi zat polutan, yang mana hal ini berbahaya bagi kesehatan dan tubuh manusia.

dr Ong Kian Chung, pakar kesehatan pernapasan dari Mount Elizabeth Hospital, Singapura, mengatakan kontak air hujan dengan zat polutan di udara dapat memicu fenomena yang disebut sebagai hujan asam. Sehingga tidak tepat jika muncul anggapan hujan yang turun dapat menghilangkan polusi yang ada di udara.

“Justru sebaliknya, saat musim hujan berlangsung, polusi udara dapat mengakibatkan hujan asam yang sangat berbahaya untuk lingkungan dan juga bagi kita,” tutur dr Ong dalam perbincangan dengan detikHealth, baru-baru ini.

Dijelaskan Dr Ong, hujan asam mengandung tingkat hidrogen yang sangat rendah sehingga menyebabkan kerusakan lingkungan dan berdampak pada kesehatan manusia. Selama hujan asam berlangsung, gas yang terkandung di dalam atmosfer dapat menghasilkan partikel sulfat dan nitrat halus.

Ia menyebut ukuran partikel-partikel ini sangat kecil dan sangat mungkin terhirup oleh manusia. Jika terhirup, masalah kesehatan yang timbul dapat memengaruhi jantung dan paru-paru, yang memicu penyakit serangan jantung, asma dan bronkitis.

dr Ahmad Fuady, MSc, mengatakan ada baiknya mandi setelah hujan-hujanan. Alasannya, membilas tubuh dari air hujan yang kini sudah terkontaminasi polusi.

“Sebaiknya mandi setelah hujan-hujanan karena air hujan, apalagi dengan kondisi langit yang penuh polusi seperti ini, perlu dibilas. Setelah itu, segera keringkan diri,” tuturnya.

Di musim hujan, peluang kehujanan di jalan ketika akan berangkat atau pulang kantor memang tinggi. Air hujan yang sudah terpapar polusi bisa mengakibatkan efek negatif bagi tubuh, dan harus segera dikeringkan.

“Jangan biarkan badan berbasah-basahan, atau lembap, apalagi membiarkan diri dengan kondisi tersebut di ruangan ber-AC,” tambahnya lagi. PT Bestprofit Futures Medan

Sumber oleh : health.detik.com