PT Bestprofit Medan

Benarkah Tubuh Membakar 67 Kalori Saat Kentut?

PT Bestprofit Futures Medan

– Jakarta, Sebuah perusahaan marketing melakukan riset tentang pertanyaan-pertanyaan unik yang tercatat di mesin pencari Google. Salah satunya yang paling unik adalah, benarkah kentut membakar kalori?

Tidak tanggung-tanggung, pertanyaan ‘does farting burn calories‘ tercatat di Google sebanyak 49.500 pencarian/bulan. Angka ini menempati peringkat ketiga pencarian paling unik berdasarkan riset yang dilakukan oleh Digitaloft, sebagaimana dikutip dari Dailymail, Kamis (28/7/2016).

Tentu bukan tanpa alasan jika seseorang penasaran mencari jawaban atas pertanyaan tersebut. Rupanya dalam beberapa tahun terakhir, beredar rumor bahwa tubuh membakar hingga 67 kalori dalam sekali kentut.

Situs penelusur hoax, Snopes, mencatat bahwa kabar burung tentang pembakaran kalori saat kentut bermula dari sebuah tanya jawab di situs Chacha pada sekitar tahun 2009. Seseorang menanyakan berapa kalori yang terbakar saat kentut, dan seseorang yang lain menjawab 67 kalori.

Sejak saat itulah, jawaban yang tidak terverifikasi tersebut beredar dan dikutip di berbagai media sosial. Padahal dalam tanya jawab tersebut, tidak sedikit pula yang mengatakan tidak ada satu kalori pun yang terbakar saat seseorang mengeluarkan gas dari saluran pencernaan.

 

PT Bestprofit Futures Medan

Penegasan tentang tidak adanya kalori yang terbakar saat kentut juga bisa ditemukan di fatlossschool. Saat kentut, otot-otot di saluran pencernaan dalam kondisi rileks dan yang membuat gas keluar adalah tekanan gas yang berada di rongga usus itu sendiri.

Satu-satunya kemungkinan terjadinya pembakaran kalori saat kentut adalah jika seseorang secara paksa mengeluarkan gas. Atau jika seseorang merasakan nyeri dan tidak nyaman saat kentut, maka jantungnya akan berdetak lebih kencang sehingga otot jantung akan membakar kalori lebih banyak. PT Bestprofit Futures Medan

Sumber oleh  : health.detik.com