PT Bestprofit Medan

Berada di Ruangan Ber-AC Saat Demam Bikin Makin Menggigil? Ini Kata Dokter

PT Bestprofit Futures Medan

PT Bestprofit Futures Medan

– Jakarta, Dalam kondisi demam, ada seseorang yang tetap berada di ruangan AC. Misalnya ketika ia di kantor atau justru, memang yang bersangkutan tak betah jika tidak ada di ruangan dingin.

Menanggapi hal ini, dr Hepi Novlina dari Puskesmas Babadan Indramayu mengatakan, pada prinsipnya proses demam berarti suhu tubuh sedang naik. Sehingga, temperatur yang ada di lingkungan seharusnya sesuai dengan suhu tubuh.

“Kalau berada di AC, akhirnya suhu lingkungan nggak sama dengan suhu tubuhnyam kan dingin. Tapi demamnya juga tidak berkurang dengan dia ada di ruangan ber-AC. Disarankan kalau lagi demam dan ada di ruangan AC, pantau terus asupan cairannya,” kata dr Hepi saat berbincang dengan detikHealth baru-baru ini.

Sebab, dikatakan dr Hepi demam yang membuat suhu tubuh naik dipengaruhi banyak faktor. Salah satunya adalah kekurangan cairan. Nah, ketika demam yang dialami disebabkan kekurangan cairan, berada di ruangan ber-AC justru membuat seseorang sulit mengetahui apakah dirinya makin kekurangan cairan atau tidak.

dr Hepi menambahkan, cairan tubuh dikeluarkan dalam bentuk urine, tinja, dan keringat. Ketika berada di ruangan AC, seseorang akan sulit berkeringat dan hanya ingin buang air kecil. Sehingga, penting untuk tetap memantau status hidrasi tubuh terutama dengan melihat warna urine.

“Kalau sedang demam dan berada di ruangan AC disarankan atau tidak? Ya nggak ya sebaiknya. Suhu lingkungannya ya suhu ruangan aja. Tapi kalau memang sudah kebiasaan, pantau aja asupan cairannya,” kata dr Hepi.

Saat demam, kerap ditemui pula orang yang menggunakan selimut sampai menutupi seluruh tubuhnya. Menurut dr Hepi, ini hanya faktor kebiasaan aja karena tubuh sedang menggigil, sementara suhu tubuhnya panas. Ketika tubuh menggigil seperti itu, dr Hepi menyarankan gunakan pakaian dengan bahan yang sesuai. Jangan lupa pula cukupi kebutuhan cairan dan kompres tubuh.

“Karena demam itu nggak usah harus pakai obat kok, bisa membaik sendiri. Justru kita harus cari faktornya kenapa nih kita demam, misal karena sakit gigi ya diobatin giginya. Kalau mau flu berarti istirahat karena demam itu kan tanda adanya sesuatu yang nggak beres pada tubuh, bukan suatu penyakit,” tutup dr Hepi. PT Bestprofit Futures Medan

Sumber oleh : health.detik.com