PT Bestprofit Medan

Berdemo di Dekat Istana Presiden, Warga Venezuela: Kami Ingin Makanan!

PT Bestprofit Futures Medan

PT Bestprofit Futures Medan

– Caracas – Ratusan warga Venezuela menggelar unjuk rasa di dekat istana presiden di Caracas, untuk memprotes kekurangan pangan. Warga yang berunjuk rasa bahkan meneriakkan: Kami ingin makanan!

Seperti dilansir Reuters, Jumat (3/6/2016), ratusan warga yang marah bergerak menuju istana Maraflores di pusat ibukota Caracas pada Kamis (2/6) waktu setempat. Mereka dihadang oleh polisi dan tentara Garda Nasional yang memblokir ruas jalan utama menuju istana presiden.

PT Bestprofit Futures Medan

Presiden Venezuela Nicolas Maduro, yang tengah mendapat tekanan terkait memburuknya krisis ekonomi di negara berpenduduk 30 juta jiwa itu, dijadwalkan akan menemui kelompok pribumi yang berunjuk rasa pada waktu yang sama. Dituturkan sejumlah saksi mata, demonstran membentuk antrean panjang di toko-toko sekitar lokasi unjuk rasa. Bahkan beberapa demonstran dilaporkan membajak sebuah truk makanan.

“Saya sudah berada di sini sejak pukul 08.00 pagi. Tidak ada lagi makanan di toko dan supermarket. Kami lapar dan lelah,” tutur salah satu demonstran wanita kepada televisi lokal, Vivoplay.

Pemerintah Venezuela menuding politikus oposisi sengaja memancing kekacauan melalui unjuk rasa ini. Namun otoritas keamanan setempat melaporkan situasi dapat dikendalikan.

Meskipun negaranya tergolong sebagai negara dengan cadangan minyak terbesar di dunia, warga Venezuela saat ini menderita kekurangan pangan parah. Ini terjadi setelah harga barang kebutuhan sehari-hari, mulai dari susu hingga tepung melonjak tajam.

PT Bestprofit Futures Medan

Maduro menyalahkan krisis ini pada jatuhnya harga minyak secara global, juga dimunculkannya ‘perang ekonomi’ oleh musuh-musuh politiknya, yang dituding berniat mengkudeta dirinya.

“Setiap hari, mereka membawa kelompok yang sarat kekerasan untuk melakukan kekerasan di jalanan. Dan setiap hari, rakyat menolak mereka dan mengusir mereka,” ucap Maduro dalam pidatonya di hadapan demonstran kelompok pribumi.

Pengamat menyebut kekacauan ekonomi yang melanda Venezuela merupakan konsekuensi atas gagalnya kebijakan sosialis selama 17 tahun terakhir, terutama dalam mengendalikan harga dan nilai mata uang. Kelompok oposisi menyerukan digelarnya referendum pada tahun ini untuk memakzulkan Presiden Maduro. Unjuk rasa memprotes kekurangan pangan, terputusnya aliran listrik dan maraknya kejahatan terjadi nyaris setiap hari di Venezuela. PT Bestprofit Futures Medan

Sumber oleh : news.detik.com