PT Bestprofit Medan

Berikut 3 Cara Efektif untuk Mengendalikan Stres

Best Profit Futures 7Best Profit Futures – Dampak ketegangan dari fisik, psikis, emosi maupun mental merupakan penyebab timbulnya stres. Bentuk dari ketegangan ini mempengaruhi kinerja keseharian seseorang. Bahkan pengaruh dampak stres yang tidak mendapat penanganan yang benar akan dapat membuat produktivitas menurun, rasa sakit dan gangguan-gangguan mental pada diri seseorang.

Berikut tiga cara efektif untuk mengendalikan stres dan membangkitkan kembali semangat bekerja.

1. Istirahat Yang Cukup

Banyak studi menunjukkan bahwa kurang tidur adalah penyebab utama stres fisik dan psikologis. Untuk meredam tingkat stres, cobalah untuk mengubah pola tidur Anda. Lakukan kegiatan di malam hari yang menenangkan, misalnya mandi air hangat, membaca buku, dan mendengarkan musik agar tidur lebih lelap dan nyenyak.

2. Terapkan Pola Pernapasan

Setiap detik Anda pasti bernafas. Namun, sudahkah Anda bernafas dengan tepat? Jangan meremehkan efek dari pola pernapasan yang tepat dengan psikologis Anda. Ketika sedang stres, Anda cenderung bernafas berlebihan, ini artinya napas Anda pendek dan terburu-buru, mirip seperti usai lari terengah-engah. Akibatnya, Anda jadi lebih panik! Terkadang, saat stres Anda juga seringkali kurang bernapas (karena menahan napas), akibatnya Anda jadi pusing. Lain kali Anda merasa panik, coba terapkan pola pernapasan 4-4-4, yakni menarik napas dalam empat hitungan, kemudian tahan selama empat hitungan, dan buang napas selama empat hitungan. Lakukan sebanyak tiga kali berturut-turut agar merasa lebih tenang.

3. FokusĀ 

Kesadaran diri (self-awareness) adalah landasan kecerdasan sosial dan emosional. Keduanya merupakan kunci untuk mengembangkan hubungan interpersonal yang sehat. Sebab, meningkatkan kesadaran diri berkaitan dengan apa yang terjadi di dalam diri dan sekitar Anda. Fokuslah pada diri Anda saat ini, jangan terlalu memikirkan apa yang sudah terjadi di masa lalu dan cemas mengenai masa depan. Hidup dalam bayangan masa lalu akan membuat Anda banyak merenung, khususnya jika berhubungan dengan yang tidak berjalan sesuai rencana. Lagipula mengingat masa lalu yang buruk hanya akan membuat Anda berpikir negatif. Selain itu, kesadaran diri bisa ditingkatkan dengan cara meditasi dan rileksasi. Meditasi ini bisa dilakukan di mana saja. Anda bisa membayangkan sedang duduk di tempat yang santai seperti pantai atau taman yang tenang, menikmati keindahan alam, dan semua di sekitar Anda. Lalu, untuk rileksasi otot bisa dilakukan dengan pergi ke spa, pijat, atau hal lain yang Anda suka untuk melepaskan ketegangan dan meningkatkan energi serta kejernihan mental.

PT.BESTPROFIT FUTURES MEDAN

Sumber : kesekolah.com