PT Bestprofit Medan

Berikut 4 Tips Mengelola Ide Agar Lebih Profesional

Best Profit Futures 4Best Profit Futures – Ide adalah sesuatu yang abstrak, yang hanya ada di pikiran si pemilik ide. Ide itu takkan bisa dimengerti oleh orang lain, jika si pemilik ide tidak pernah mengungkapkan dalam sebuah bahasa atau menuangkan dalam bentuk tulisan yang bisa dimengerti.

Suatu bisnis yang kini berkembang pesat pastinya dimulai dari ide-ide kecil yang sederhana. Dan untuk mendapatkan ide Anda tak perlu mencarinya susah payah karena biasanya ide bisa muncul dimana saja dan dari siapa saja.

Ketika ide sudah ditemukan, masalah yang muncul selanjutnya ialah bagaimana Anda mengelola ide tersebut, agar tidak hilang atau terlupa begitu saja. Dan berikut adalah beberapa cara entrepreneur untuk mengelola ide dan mentransformasinya dalam sebuah tindakan nyata.

1. Perlakukan daftar ide seperti kotak masuk email (inbox)
Untuk menjaga ide-ide Anda tidak terblokir, segera tindak lanjuti dengan respon yang tepat. Singkirkan ide-ide yang tidak memiliki nilai dan pilihlah yang memiliki potensi untuk dikembangkan. Jadi jangan tunggu hingga lupa.

2. Berilah label untuk ide-ide yang berbeda
Hal ini akan memudahkan identifikasi serta tindak lanjut dari ide-ide yang didapat. Misalnya masukan dari konsumen dipilah dari ide-ide yang disampaikan pemasok atau distributor. Kategorisasi label dapat dilakukan sesuai dengan selera atau kebutuhan agar lebih efektif dan memudahkan pemilahan.

3. Diskusikan ide di lokasi yang terpusat
Menciptakan sebuah tempat dengan iklim yang kondusif guna mendorong terciptanya ide sangat penting untuk dilakukan. Usahakan tempat ini memungkinkan orang-orang yang terlibat dapat saling bertukar pikiran dan berbagi feedback.

4. Pastikan daftar ide diberikan pada orang yang tepat
Jika Anda seorang pemimpin di perusahaan, pastikan ide-ide pilihan diberikan kepada orang yang tepat. Ide tentang desain mobil yang perlu diubah misalnya, harus disampaikan kepada bagian desainer atau engineer, bukan kepada bagian akunting, demikian pula sebaliknya.

PT.BESTPROFIT FUTURES MEDAN

Sumber : kesekolah.com