PT Bestprofit Medan

Berinvestasi dengan Pemanfaatan Produk Reksadana

investasi reksadana

BEST PROFIT FUTURES – Berinvestasi dengan pemanfaatan produk reksadana dari perusahaan keuangan sudah menjadi trend. Beragam pilihan yang ditawarkan salah satunya adalah investasi reksadana Campuran. Jenis investasi ini menarik untuk kita fahami lebih lanjut sebelum memutuskan untuk menginvastasikan dana pada jenis investasi ini.

Apa Itu Reksadana Campuran?

Reksadana sendiri sebenarnya sudah cukup lama dimulai yaitu sejak bulan Maret tahun 1924. Sempat mengalami kejatuhan ketika perekonomian Amerika terperosok di tahun 1929, yang memaksa pemerintah setempat untuk mengeluarkan undang-undang yang mengatur mengenai reksadana.  Ketika pertama kali keluar dengan nama Massachusetts Investors Trust jenis investasi reksadana campuran belum diperkenalkan.

Reksadana campuran secara definitif dapat diartikan dengan proses pengumpulan dana dari beberapa orang investor oleh seorang pengelola keuangan atau manager investasi. Dana investasi tersebut nantinya akan di salurkan untuk membeli atau diinvestasikan pada gabungan surat berharga, obligasi, ataupun juga efek ekuitas. Secara singkat berarti pengumpulan dana investasi untuk disalurkan kepada berbagai macam surat-surat berharga.

 

Beberapa Manfaat Penggunaan Reksadana Campuran

Sebagaimana jenis reksadana lainnya, investasi reksadana campuran juga menjanjikan beragam manfaat bagi para investor. Menurut catatan salah satu harian besar di Indonesia, reksadana campuran mencatat kinerja yang paling optimal sepanjang tahun 2013 ini. Dari sini terlihat jelas tingkat kepercayaan masyarakat cukup besar pada reksadana ini.

Secara umum manfaat reksadana adalah sebagai berikut:

  • Fleksibel

Proses transaksi reksadana dapat dilakukan kapan saja. Dengan catatan untuk pencairan biasanya membutuhkan waktu 3 hari

  • Kemudahan Informasi

Kinerja dari reksadana yang kita miliki dapat kita periksa melalui media online maupun offline.

  • Kepraktisan

Pada saat ini, tentu saja kita membutuhkan layanan yang cepat dan praktis. Begitu pula dengan reksadana, transaksi dapat kita lakukan pada bank atau pada perusahaan investasi

  • Investasi Dengan Dana yang Minim

Penggunaan reksadana mengizinkan investor untuk berinvestasi dengan dana yang minim. Sehingga bisa memperkecil resiko jumlah kerugian

Sedangkan untuk investasi reksadana campuran keunggulan yang didapat adalah

  • Fleksibel

Kepemilikan surat-surat berharga dapat diatur komposisinya sehingga sesuai dengan kondisi pasar.

  • Return Yang Cukup Besar

Dengan menginvestasikan dana pada reksadana campuran investor memiliki kesempatan untuk mendapatkan nilai return yang berkisar antara 15% – 20% per tahun. Hanya sedikit dibawah reksadana saham yang memiliki resiko yang lebih besar.

  • Jangka Waktu Yang Tidak Terlalu Lama

Reksadana campuran sangat cocok bagi para investor yang tidak ingin terlalu lama menginvestasikan keuangannya. Sebab, reksadana ini berada pada jangka waktu sekita 5 hingga 10 tahun.

 

Resiko

Sebagaimana produk investasi lainnya yang berada di pasaran, investasi reksadana campuran juga memiliki resiko. Namun, besaran resiko masih lebih kecil jika dibandingkan dengan reksadana saham yang berjulukan “hanya untuk yang bernyali”, karena fluktuasi yang sangat besar terjadi pada reksadana saham. Bagi investor yang tidak suka bermain dengan tingkat fluktuasi yang tinggi –tentu saja resiko pun juga tinggi – namun masih menyukai tantangan maka investasi campuran menjadi pilihan yang menarik. Sebab mereka dapat mengkombinasikan jumlah saham, obligasi, deposito dengan persentase yang cukup aman bagi mereka.

 

Kesimpulan

Berbicara mengenai reksadana campuran memang menarik untuk diperhatikan. Terutama menyangkut strategi bisnis dan pemilihan manager investasi. Strategi yang dimaksud adalah pada saham apa dan di perusahaan mana kita akan menanamkan modal. Jangan sampai kita salah membeli investasi hanya karena perusahaan into telah memiliki nama yang besar. Sebab, dunia ekonomi sudah beberapa kali membuktikan banyak perusahaan besar yang mengalami kebangkrutan secara tiba-tiba.

Perusahaan pengelola investasi tersebut menjadi penting untuk diperhatikan, karena kepada mereka nantinya kita akan menitipkan modal kita untuk di kelola sedemikian rupa. Menganalisa beberapa perusahaan sebelum memutuskan mempercayakan dana kita didalam investasi reksadana campuran sangat dianjurkan. Sebuah catatan yang perlu diingat adalah untuk mendapatkan hasil yang besar kita haruis berani untuk mengambil resiko yang sebanding.