PT Bestprofit Medan

Bongkahan Es Antartika Diprediksi Lenyap Lima Tahun Lagi

PT. Best Profit Futures Medan – Jakarta, CNN Indonesia — Badan antariksa Amerika Serikat, NASA memprediksi bahwa bongkahan es Antartika bagian Larsen B bakal mengalami kehancuran hanya dalam kurun waktu lima tahun ke depan.

Bongkahan Larsen B itu usianya sudah 10 ribu tahun. Bongkahan ini ukuran panjang dan terletak di bagian barat laut Laut Weddell, membentang di sepanjang pantai timur Semenanjung Antartika. Saat ini, Larsen B berukuran sekitar 1.005 kilometer persegi.

Beberapa bagian Larsen B sudah runtuh di tahun 2002. Dari hasil penelitian NASA, Larsen B kini sudah melemah. Setelah mengobservasi tanda-tanda di permukaannya seperti retakan besar dan aliran cepat sungai gletsernya, NASA mengatakan bongkahan es ini bisa-bisa hancur pada 2020.

Data penelitian NASA dilakukan oleh pesawat yang mengukur ketinggian dan kedalaman fondasi bongkahan.

Para ilmuwan khawatir dengan retakan besar tersebut bakal menimpa tiga gletser yang bernama Leppard, Flask, dan Starbuck. Jika iya, maka bakal mempercepat kehancuran karena bongkahan ini akan terseret ke lautan.

Pihak NASA mengatakan, sejak runtuh di tahun 2002 silam, kecepatan arus gletser di sana menjadi lebih cepat delapan kali lipat, yakni hampir sama dengan kecepatan mobil dari 88 kilometer per jam hingga mencapai 708 kilometer per jam.

“Dari hasil penelitian kami, sisa bongkahan ini akan hancur,” ujar Ala Khazendar dari Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA di Pasadena, California, AS.

Ia melanjutkan, “walau cukup mengagumkan untuk bisa menyaksikan secara langsung bongkahan es yang semakin tidak stabil itu, tetap saja ini adalah kabar buruk untuk Bumi. Bayangkan saja, setelah 10 ribu tahun, ia akan hancur dan lenyap dari Bumi.”

Penelitian NASA dipublikasikan di jurnal online Earth and Planetary Science Letters.

Sumber Oleh : cnnindonesia.com