PT Bestprofit Medan

Bursa Jepang Makin Turun dari Level 5.5 Bulan Tertinggi

Best Profit Futures 5Best Profit Futures – Pada perdagangan di bursa saham Jepang pagi hari ini terjadi penurunan yang cukup signifikan (8/7). Indeks benchmark Nikkei mengalami penurunan untuk dua hari berturut-turut, makin menjauh dari level paling tinggi dalam 5.5 bulan belakangan yang tercapai pada perdagangan hari Jumat lalu.

Sentiment positif rilis data transaksi berjalan bulan Mei yang membukukan surplus tampaknya tidak juga berhasil untuk mengangkat sentiment di bursa Jepang. Pada bulan Mei lalu transaksi berjalan Jepang alami surplus sebesar 522.8 miliar yen – surplus keempat bulan berturut-turut untuk data transaksi berjalan.

Hari ini saham-saham energy tampak menjadi fokus setelah reactor nuklir di Kyushu dan Shikoku ditutup untuk mengantisipasi darurat badai. Mitsubishi Heavy dan Kansai Electric Power tampak mengalami penurunan masing-masing lebih dari 1 persen.

Saham-saham perbankan mengalami penurunan meskipun data menunjukkan bahwa pada bulan Juni lalu pinjaman perbankan mengalami kenaikan sebesar 2.5 persen (y/y). Sumitomo Mitsui melempem sebesar 0.8 persen. Mitsubishi UFJ mengalami penurunan sebesar 0.5 persen.

Indeks spot Nikkei pagi ini terpantau mengalami penurunan sebesar 0.61 persen atau 93.72 poin menjadi 15285.72 poin. Indeks berjangka Nikkei 225 terpantau mengalami pembukaan di posisi 15305 poin hari ini. Saat ini indeks berjangka terpantau bergerak rebound terbatas ke level 15320 poin setelah sempat anjlok ke posisi 15225 poin yang merupakan level paling rendah sejak tanggal 1 Juli yang lalu.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan indeks berjangka di bursa saham Jepang akan cenderung mengalami kenaikan terbatas pada perdagangan hari ini. Indeks berjangka Nikkei tersebut diperkirakan akan bergerak pada kisaran 15200 – 15420 poin.

PT.BESTPROFIT FUTURES MEDAN

Sumber : Vibisnews.com