PT Bestprofit Medan

Cara Mengatasi Situasi Canggung di Lingkungan Kerja

PT Bestprofit Futures Medan

PT Bestprofit Futures Medan

– Jakarta – Situasi canggung bisa terjadi di mana saja, termasuk tempat kerja. Kecanggungan di lingkungan karier pun bisa lebih memalukan karena orang biasanya ingin lebih jaga image agar tampak profesional di depan rekan, atasan, atau kolega. Ingin mengendalikan kondisi kurang nyaman dengan anggun tanpa merasa aneh? Berikut adalah lima situasi canggung yang sering terjadi dan cara mengatasinya dari CEO Sydney Schoil of Protokol, Julie Lamberg-Burnet:

Saat Lupa Nama
Anda tentu tak ingin dicap sombong karena lupa nama seseorang. Kejadian tersebut bisa lebih memalukan jika orang tersebut adalah orang penting dalam perusahaan. Meski itu adalah hal yang manusiawi, lupa nama seseorang bisa membuat situasi canggung.

Julie pun menyarankan agar Anda mengakuinya saja, tidak panik, dan berkata, ‘Halo, senang bertemu lagi denganmu. Aku ingat kamu waktu (sebutkan situasinya). Kamu tampak familiar tapi aku tidak bisa mengingat namamu.’ Bisa juga dengan ‘Aku minta maaf aku sedikit pelupa sekarang, tolong ingatkanku kembali siapa namamu?’ Atau ‘Aku harap aku bisa menyebutkan namamu dengan benar, bisa tidak kamu sebutkan namamu lagi?’

Salaman Atau Cium Pipi?
Saat berpapasan dengan rekan atau kolega yang dikenal baik namun sudah tidak lama bertemu, apa yang harus dilakukan? Salaman saja atau cium pipi? Julie menganjurkan agar Anda menyesuaikannya dengan situasi dan pilih yang membuat Anda nyaman.

Anda bisa menjabat tangannya kemudian menggunakan hal tersebut sebagai posisi menunggu apakah orang tersebut mau mencium pipi Anda atau tidak. Jika Anda berada di lingkungan profesional, ada baiknya untuk tidak memajukan wajah ke depan dan mengeluarkan tangan kangan saja. Namun hindari menolak keras jika orang tersebut memang ingin mencium Anda dan jangan mengeluarkan suara ciuman.

“Ya, itu akan aneh. Tetapi jika ini yang Anda rasa paling nyaman saat menyambut koneksi bisnis, itu bisa diterima,” kata Julie.

Terdiam di Tengah Obrolan
Hal ini mungkin sering Anda alami saat baru bertemu dengan teman kencan baru. Dalam lingkungan kerja, ‘jeda canggung’ tersebut juga kerap terjadi saat meeting dengan kolega atau rekan yang belum lama dikenal. Julie mengatakan jika kunci dalam mengatasinya adalah tidak menunjukkan rasa minder.

“Jangan resah dan membiarkan rasa kurang percaya diri terlihat dalam bahasa tubuhmu dan menjadi terganggu. Gunakan jeda dalam percakapan untuk memperhatikan lawan bicara, gunakan kontak mata, senyum, dan tanya pertanyaan terbuka yang memastikan percakapan berjalan terus,” sarannya. Read more PT Bestprofit Futures Medan