PT Bestprofit Medan

Coba Terapkan Langkah Ini Saat Tidur untuk Bantu Turunkan Berat Badan

PT Bestprofit Futures Medan

PT Bestprofit Futures Medan

– Jakarta, Selain niat yang kuat, program penurunan berat badan bisa berhasil dengan memperhatikan tiga komponen yakni pengaturan pola makan, istirahat, dan olahraga. Jika salah satu komponen tidak dilakukan, program penurunan berat badan agaknya sulit mencapai keberhasilan.

“Memang, tidur malam yang berkualitas bukanlah satu-satunya hal yang menentukan kesuksesan Anda menurunkan berat bdan. Tapi, jangan pula abaikan pentingnya mendapatkan tidur malam yang cukup dan berkualitas,” kata instruktur kedokteran klinis di Weill Cornell Medical College, Alexandra Sowa, MD.

Sowa mengibaratkan, program penurunan berat badan seperti bangku berkaki tiga. Dalam artian, ada tiga komponen penting kesuksesan penurunan berat badan yaitu pengaturan pola makan, pola istirahat, dan olahraga. Tanpa salah satu ‘kaki’ itu, maka upaya penurunan berat badan akan sia-sia.

Nah, dikutip dari Prevention, berikut ini langkah-langkah yang bisa dilakukan agar tidur lebih berkualitas dan dapat membantu mensukseskan program penurunan berat badan.

1. Tidur dengan durasi dan waktu yang sama
Setidaknya penuhi kebutuhan tidur malam 6,5-8,5 jam sehari. Dalam studi di Brigham Young University ditemukan wanita yang mendapat waktu tidur malam berkualitas 6,5-8,5 jam sehari memiliki risiko terjadinya penumpukan lemak di perut yang lebih keci. Studi tersebut juga mengungkapkan tidur di waktu yang sama secara rutin bisa mengurangi penumpukan lemak dalam tubuh.

2. Usahakan suhu kamar dingin
Studi terkait diabetes menunjukkan bahwa tidur dengan suhu kamar yang cukup dingin, sekitar 19-20 derajat Celcius bisa meningkatkan jumlah pembakaran lemak cokelat, membantu memperbaiki metaboilisme, dan meningkatkan sensitivitas insulin. Namun, terapkan pengaturan suhu ini ketika Anda sedang dalam kondisi fit ya!

3. Matikan lampu dan gadget
Studi tahun 2014 yang diterbitkan dalam American Journal of Epidemiology menemukan bahwa wanita yang tidur di kamar yang gelap 21 persen lebih rendah kemungkinannya menjadi gemuk. Kemudian, jangan lupa matikan gadget Anda atau minimal jauhkan gadget dari tempat tidur.

Penelitian di University of Granada, Spanyol menunjukkan bahwa kadar melatonin (hormon yang membuat seseorang mengantuk) yang berkurang bisa menambah berat badan. Nah, berkurangnya kadar melatonin salah satunya akibat paparan cahaya biru dari gadget.

“Dan jangan lupakan faktor lain. Makan dengan sehat dan menambahkan gerakan esktra ketika berolahraga juga menjadi kunci penting dalam menurunkan berat badan,” kata Sowa mengingatkan. PT Bestprofit Futures Medan

Sumber oleh :  health.detik.com