PT Bestprofit Medan

Dibalik Khasiat Buah Jambu Mete

Best Profit Futures 6Best profit – Jambu monyet atau jambu mete dengan nama latin Anacardium occidentale adalah sejenis tanaman dari suku Anacardiaceae yang berasal dari Brasil dan memiliki buah yang dapat dimakan. Yang lebih terkenal dari jambu mete adalah kacang mete, kacang mete atau kacang mente; bijinya yang biasa dikeringkan dan digoreng untuk dijadikan berbagai macam penganan.

Jambu mete mengandung senyawa kimia yang berfungsi sebagai antibakteri dan antiseptic, seperti tanim anacardic acid dan cordol. Daun buah jambu mete yang masih muda mengandung beberapa vitamin seperti vitamin A, C. Selain itu, buah ini juga mengandung kalori, protein, lemak kalsium, fosfor besi dan air. Mengingat kandungan senyawa kimia seperti yang disebutkan di atas, jambu mete dapat bermanfaat untuk mengatasi berbagai jenis penyakit.

Berikut beberapa manfaat dan khasiat utama buah jambu mete:

1. Radang mulut
Bahan: 1 genggam daun jambu monyet dan 1 potong kulit batang jambu monyet. Cara Membuat: Kedua bahan tersebut direbus bersama dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.

2. Sariawan
Cuci segenggam daun muda dan sepotong kulit kayu jambu mede sampai bersih, lalu rebus dalam 1 liter air sampai mendidih (selama 15 menit. Setelah dingin, saring dan air saringannya siap untuk diminum. Pengobatan dilakukan sehari 2-3 kali, masing-masing 1 gelas. Air rebusannya tersebut juga dapat digunakan untuk berkumur-kumur.

3. Disentri
Bahan: 1 genggam daun jambu monyet dan 1 potong kulit batang jambu monyet. Cara Membuat: Kedua bahan tersebut direbus bersama dengan 1 1/2 liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.

4. Rematik , tekanan darah tinggi
Iris-iris segenggam daun jambu mete muda, lalu rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum, sehari 2 kali, masing-masing ½ gelas.

5. Diabetes mellitus
Bahan: 2 potong kulit batang jambu monyet dan adas pulawaras secukupnya. Cara Membuat: Kedua bahan tersebut direbus bersama dengan 2 liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.

Meskipun saat ini sudah jarang kita temui buah jambu monyet ini, namun rupanya jambu monyet ini menyimpan beragam khasiat untuk kesehatan kita. Semoga bermanfat.

PT.Bestprofit Futures Medan

Sumber : kesekolah.com