PT Bestprofit Medan

Endemis DBD, Indonesia Berpotensi Besar Terjangkit Zika

PT Bestprofit Futures Medan

PT Bestprofit Futures Medan

– Jakarta, CNN Indonesia — Virus Zika rupanya sempat ‘berkunjung’ ke Indonesia, tepatnya di Jambi. Pada  Desember 2014 lalu, seorang pria berusia 27 tahun dikabarkan terjangkit virus tersebut. Peneliti Eijkman, Tedjo Sasmono mengungkapkan bahwa dia memiliki gejala yang mirip dengan virus Zika, yaitu gejala nyeri dan demam tinggi.

“Memang saat itu terjadi kasus demam berdarah luar biasa di Jambi. Kemudian dilakukan pemeriksaan darah di laboratorium riset, dan memang ditemukan ada Zika-nya,” ucap dr. H. Mohamad Subuh, MPPM, Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementrian Kesehatan RI kepada CNNIndonesia.com. Pemeriksaan pun dilakukan, kemudian dia pun berhasil disembuhkan.

Subuh mengungkapkan, meski Indonesia kini sedang siaga zika, namun diagnosis gelaja dan penyakitnya harus diteliti dengan jelas dan menyeluruh. “Semuanya harus dilihat dari hulu ke hilir. Misalnya, ada yang lapor terkena gejala Zika. Kemudian harus dilihat apakah dia dalam kurun tertentu baru ke luar negeri atau tidak. Kalau iya (ke luar negeri), kapan dan berapa lama, harus jelas.”

“Kalau dia benar terjangkit Zika dan memang baru mengunjungi negara yang terindikasi ada virus Zika, maka itu kami sebut sebagai virus impor. Kecuali, dia hanya di Indonesia saja tapi terjangkit Zika, berarti tandanya di Indonesia memang sudah ada virus itu,” katanya.

Sampai saat ini, ia menyatakan bahwa Indonesia masih bersih dari virus Zika. “Tapi, selama ada nyamuk Aedes Aegypti, berarti masih ada kemungkinan virus Zika itu terbawa sampai Indonesia, karena Indonesia adalah daerah endemis DBD,” ujar Subuh.

Ia menambahkan bahwa kini status Indonesia berada pada golongan ‘country with possible endemic transmition’ (negara yang berpotensi transimi endemik zika) dan bukan ‘on going transmition’ (negara terjangkit). Read more PT Bestprofit Futures Medan

Sumber oleh : cnnindonesia.com