PT Bestprofit Medan

Euro Melemah Terbatas Di Tengah Potensi Perbedaan Arah Kebijakan Moneter ECB dan Fed

Best Profit Futures 7Best profit – Nilai tukar euro terpantau mengalami pergerakan yang masih cenderung melemah pada sesi perdagangan hari ini (19/8). Mata uang tunggal dari 18 negara tersebut mengalami kondisi yang cenderung melemah. Pada perdagangan kemarin euro membukukan penurunan terbesar dalam nyaris dua minggu belakangan terhadap dollar AS.

Melemahnya nilai tukar euro terhadap dollar disebabkan oleh kondisi dollar yang memang sedang berada dalam momentum naik. Menguatnya dollar AS terjadi menjelang rilis data inflasi konsumen di Amerika Serikat yang dijadwalkan nanti malam. Inflasi konsumen di Amerika Serikat di luar makanan dan energy diperkirakan akan menunjukkan angka 0.2 persen di bulan Juli lalu (m/m). Angka ini mengalami kenaikan dibandingkan inflasi bulanan Juni yang ada di level 0.1 persen.

Sementara itu data aktivitas manufaktur kawasan euro yang dijadwalkan rilis pekan ini tampaknya akan menunjukkan kondisi yang kurang mengesankan. Potensi perbedaan arah kebijakan moneter ECB dan Fed menjadikan euro alami tekanan terhadap dollar AS.

Hari ini mata uang euro berada pada posisi 1.3357 dollar AS. Euro mengalami penurunan tipis saja dibandingkan dengan penutupan perdagangan dini hari tadi yang berada pada posisi 1.3363 dollar AS. Pergerakan euro masih terjebak di kisaran paling rendahnya dalam 9.5 bulan belakangan.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan nilai tukar euro terhadap dollar AS pada perdagangan hari ini akan cenderung mengalami kondisi melemah terbatas. Nilai tukar pasangan kurs tersebut hari ini berpotensi bergerak pada kisaran 1.3320 – 1.3390.

PT.Bestprofit Futures Medan

Sumber : Vibiznews.com