PT Bestprofit Medan

Facebook Itu Racun Demokrasi

Kerajaan Facebook dengan segala platform layanan yang dimilikinya. Foto: Reuters

PT BESTPROFIT FUTURES MEDAN

BESTPROFIT – Sebelum perusahaannya sebesar saat ini, pendiri Facebook Mark Zuckerberg dimentori oleh Roger McNamee. Saat ini, McNamee jadi sosok yang frontal mengkritisi media sosial raksasa itu.

Sebagai informasi, McNamee pernah menjadi berperan sebagai penasihat penuh untuk Zuckerberg. Ia adalah sosok penting dalam menggaet Chief Operating Officer Sheryl Sandberg dari Google untuk membantu bos Facebook tersebut.

Itu terjadi lebih dari satu dekade yang lalu. Sekarang, McNamee jadi orang luar yang mengkritik tajam Facebook. Bahkan, pendangannya ini ditulis ke dalam sebuah buku berjudul “Zucked”.

Di salah satu temanya, pria berkacamata ini menyebutkan Facebook bersama dengan Google dan Twitter adalah perusahaan yang menciptakan masalah besar bagi demokrasi global.

Disampaikan McNamee, Facebook dikatakannya sebagai ‘surveillance capitalism’, sebuah ungkapan terhadap model bisnis Facebook yang menggunakan data untuk ‘memanipulasi perhatian’ dan menjual iklan sesuai target. BEST PROFIT

Hal itu dikombinasikan dengan ambisi Zuckerberg untuk menghubungkan seluruh dunia dalam satu jaringan dan membenarkan segala cara yang diperlukan untuk sampai ke tujuan. Sehingga menurut McNamee, Facebook adalah semacam koktail buruk yang mengganggu demokrasi.

“Dalam skala kecil tidak ada salahnya, dalam skala menengah bahaya itu dapat dikelola, dalam skala besar hal itu beracun sampai-sampai mengancam fondasi tatanan global,” ungkapnya dalam kesempatan wawancara dengan Business Insider, Rabu (6/2/2019).

Suara miring yang diucapkan McNamee ini berlandas pada kasus bagaimana Rusia bisa memanfaatkan Facebook sebagai jalur penyebaran propaganda selama pemilihan umum Amerika Serikat (AS) pada 2016 lalu. Kemudian, Facebook membiarkan penyebaran ujaran kebencian yang memicu genosida di Myanmar.

Dia menambahkan bahwa perusahaan yang bermarkas di Menlo Park, AS, itu menciptakan yang disebutnya gelembung preferensi, di mana pengguna merangkul ide-ide yang terbukti tidak benar. PT BESTPROFIT

“Insentif untuk memanipulasi perhatian adalah tentang memangsa unsur-unsur psikologi manusia yang paling lemah. Tidak cukup hanya mengetahui banyak tentang kami – tujuannya sekarang adalah mengubah apa yang kami pikirkan dan apa yang kami lakukan,” ungkap McNamee.

McNamee melihat persoalan yang dihadapi oleh Facebook itu bukan karena sosok Zuckerberg maupun Sandberg. Melainkan, diperlukannya perubahan model bisnis yang dijalankan perusahaan tersebut.

“Saya tidak percaya mengubah manajemen akan membantu, kecuali mengubah model bisnis dan jika Anda mengubah model bisnis, Mark dan Sheryl akan baik-baik saja,” ucap dia.

Kriti McNamee direspon juru bicara Facebook. “Kami menanggapi kritik dengan serius. Selama dua tahun terakhir, kami telah secara mendasar mengubah cara beroperasi untuk lebih melindungi keselamatan dan keamanan orang yang meemakai Facebook. Kenyataannya Roger McNamee tak terlibat dengan Facebook selama satu dekade,” tuturnya. PT BEST PROFIT