PT Bestprofit Medan

Faktor Penyebab Darah Tinggi

Best profit Futures7Best Profit Futures – Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi umum di mana cairan darah dalam tubuh menekan dinding arteri dengan cukup kuat hingga akhirnya menyebabkan masalah kesehatan, seperti penyakit jantung. Tekanan darah ditentukan dengan jumlah darah yang dipompa jantung dan jumlah resistensi terhadap aliran darah pada arteri Anda. Semakin banyak darah dipompa jantung Anda dan arteri Anda menyempit, tekanan darah akan meningkat. Secara medis, hipertensi merupakan sebuah kondisi dimana cairan tubuh menekan arteri dengan kuat. Dalam jangka waktu lama, penyakit darah tinggi dapat memicu penyakit-penyakit lain, misalnya sakit jantung. Meski begitu, kebanyakan penderita darah tinggi belum memahami secara jelas apa saja faktor penyebab penyakit darah tinggi ini.

Berikut faktor yang dapat menyebabkan darah tinggi:


1. Faktor keturunan

Seperti warna kulit dan ciri fisik, penyakit tekanan darah tinggi pun juga bisa diwariskan. Jadi jika salah satu atau bahkan kedua orang tua Anda menderita tekanan darah tinggi, maka kemungkinan Anda juga akan mengalami hal yang sama.

2. Faktor gender
Pada usia menjelang 45 tahun, laki-laki akan lebih beresiko mengalami tekanan darah tinggi. Sedangkan pada usia 45 hingga 65, baik laki-laki maupun perempuan akan sama-sama beresiko. Namun, setelah usia 65 tahun, justru perempuan lah yang lebih beresiko.

3. Faktor Usia
Pertambahan usia akan menyebabkan seseorang semakin beresiko mengalami tekanan darah tinggi. Hal ini disebabkan karena tubuh yang semakin tua akan mengalami penurunan elastisitas pembuluh darah sehingga beresiko mengalami penyempitan pembuluh darah. Akibatnya, tekanan darah pun akan semakin meningkat.

4. Faktor gaya hidup
Bagi Anda yang tinggal diperkotaan, sibuk bekerja, terlalu banyak duduk, dan kurang olahraga akan lebih rentan mengalami penyempitan pembuluh darah. Akibatnya, Anda akan lebih beresiko mengalami tekanan darah tinggi. Selain itu, bagi Anda yang terbiasa mengkonsumsi alkohol juga lebih beresiko mengalami tekanan darah tinggi. Konsumsi alkohol akan meningkatkan trigliserida dalam darah. Trigliserida adalah kolesterol yang jahat yang berpotensi menyebabkan tekanan darah meningkat.

5. Faktor pola makan
Makanan tinggi kalori, lemak, dan gula terbukti berbahaya bagi kesehatan karena akan meningkatkan resiko darah tinggi. Selain itu, makanan-makanan bergaram juga tidak kalah berbahanya. Jadi, demi kesehatan, mulailah untuk mengurangi konsumsi makanan-makanan tersebut.

6. Faktor stres
Stres erat kaitannya dengan darah tinggi. Hal ini disebabkan karena saat stres, hormon adrenalin akan meningkat sehingga mengakibatkan jantung memompa darah lebih cepat dan tekanan darah pun meningkat. Parahnya lagi, ketika stres orang akan cenderung melahap apapun yang membuatnya lebih tenang dan senang. Hasilnya, tekanan darah bisa naik dengan drastis.

Nah, sebaiknya Anda mulai mengurangi kebiasaan-kebiasaan buruk yang selama ini Anda lakukan dan mungkin akan menyebabkan terjadinya tekanan darah tinggi.

Sumber : kesekolah.com