PT Bestprofit Medan

Gara-gara Smartphone, Pemakaian Printer di Rumah Menurun

PT Bestprofit Futures Medan

PT Bestprofit Futures Medan

– Bali – Dalam pemaparan presentasi yang dilakukan di sela-sela peluncuran printer terbarunya, Epson mengungkap tren penggunaan printer dalam beberapa tahun terakhir. Disebut bahwa penggunaan printer rumahan cenderung menurun.

Mengambil data dari International Data Corporation (IDC), persentase pengapalan printer inkjet untuk kalangan rumahan (consumer) menurun dari tahun 2007 berjumlah 62,1% menjadi 48,7% di 2014. Di sisi lain, printer inkjet justru menjadi daya tarik tersendiri bagi kalangan korporasi.

Pengapalan printer untuk bisnis melesat drastis, dari yang tadinya hanya 37,9% di tahun 2007 menjadi 51,3%. Menurut Senior Manager Product Marketing PT Epson Indonesia Riswin Li penurunan terjadi karena salah satunya adalah faktor perkembangan teknologi.

“Dengan maraknya perangkat pintar seperti smartphone atau tablet, orang jadi jarang untuk melakukan printing. Foto-foto cukup disimpan di dalam smartphone,” ujar Li ketika ditemui detikINET di hotel Courtyard by Marriot, Nusa Dua, Bali, Jumat (26/8/2016).

Sedangkan pertumbuhan penggunaan di kalangan bisnis tak hanya terjadi di korporasi besar, tapi juga pada bisnis SOHO, seperti misalnya kios print yang tersebar di kawasan perkantoran atau kampus. Hal itu membuat orang enggan mencetak di rumah dan lebih memilih mencetak di sana.

“Meskipun trennya menurun, penggunaan printer rumahan masih akan memiki tempat. Pun jika benar-benar turun, setidaknya tidak dalam waktu dekat,” tambahnya.

Adapun penggunaan printer inkjet yang semakin marak dipakai oleh korporasi disebabkan oleh perekonomian Indonesia yang mulai bergairah.

“Perekonomian yang terus berkembang membuat penggunaan printer inkjet terus bertumbuh dan membuat bisnis printer inkjet kian agresif,” ujar Ng Nge Khiang, Senior Director General Manager Sales and Marketing Epson di kesempatan yang sama.

Karenanya, Epson pun kini fokus pada produk yang ditujukan untuk pasar bisnis. Untuk membuktikan hal itu, produsen printer asal Jepang ini baru saja merilis tiga printer inkjrt terbarunya, yakni WF-R8591, L1455, dan L605. PT Bestprofit Futures Medan

Sumber oleh : inet.detik.com