PT Bestprofit Medan

Gigi Mudah Rapuh? Hati-Hati dengan Hal Ini

Best profit Futures5Best Profit Futures –  Memiliki gigi yang putih dan sehat tentu mampu menambah rasa percaya diri seseorang untuk tetap selalu tersenyum. Memiliki gigi yang sehat ternyata tak hanya bisa terwujud dengan menyikat gigi secara teratur, tetapi juga harus menjaga gigi dari segala hal yang dapat merusaknya. Gigi adalah anggota tubuh manusia yang paling kuat. Terdiri atas kalsium, ia mampu melakukan tugas mengunyah dan menghancurkan makanan hingga bertahun-tahun lamanya. Namun jika tidak dijaga dengan baik, maka kekuatan gigi juga bisa berkurang dan ia menjadi rapuh. Gigi yang rapuh pasti akan membuat tugas mengunyah makanan menjadi lebih sulit.

Beberapa hal yang tidak diduga ternyata dapat membuat gigi seseorang menjadi rapuh. Salah satunya adalah berolahraga yang terlalu sering. Seorang dokter gigi di Jerman mengungkap bahwa atlet ternyata memiliki produksi liur yang sedikit. Ini membuat plak di giginya tumbuh lebih banyak, dan dapat menyebabkan kerapuhan gigi.

Berikut beberapa hal yang bisa memicu timbulnya kerapuhan gigi:
1. Obat

Obat dengan kandungan antihistamin untuk alergi juga membuat gigi jadi rapuh. Coba perhatikan anak-anak yang minum obat alergi dengan teratur, maka gigi mereka kebanyakan akan kuning, dan rapuh.

2. Suhu
Suhu yang berubah secara ekstrem memicu gigi jadi rapuh. Misalnya Anda makan makanan panas, lalu minum dingin secara langsung. Gigi bisa retak halus di permukaannya jika Anda lakukan ini sering-sering. Juga bila Anda tinggal di lingkungan bersuhu dingin dan Anda minum minuman hangat.

3. Mulut terbuka saat renang
Gigi yang terkena air kolam renang yang tinggi klorin bisa membuatnya erosi dan rapuh. Jika berenang dengan mulut terbuka, maka hal ini akan terjadi. Lapisan luar gigi perlahan akan terkikis dan membuatnya rapuh.

4. Memaksa bekerja keras
Memaksa gigi bekerja keras dengan membuka berbagai bungkus makanan dengan gigi, juga akan bikin gigi menjadi rapuh. Salah-salah, gigi Anda malah gropal jika Anda sering membuka bungkus makanan memakai gigi.

5. Sikat gigi usai makan
Nah, kebiasaan menyikat gigi memang baik. Namun waktunya juga sebaiknya diperhatikan. jangan langsung menyikat gigi usai makan, sebab kondisi mulut sedang dalam keadaan asam. Ini alami sebab makanan membuat mulut memproduksi asam untuk mencernanya. Gosok gigi lah usai 1 jam setelah makan, agar kondisi mulut kembali normal.

Memiliki gigi yang sehat adalah kunci agar pencernaan juga sehat. Sebagai proses awal mencerna makanan, gigi memiliki peran penting untuk melumatkan makanan dan membuat makanan lebih mudah dicerna lambung. Maka kesehatan gigi harus Anda perhatikan.

Sumber : kesekolah.com