PT Bestprofit Medan

Hal yang Perlu Dikuasai Sebelum Kuliah

Best Profit Futures 6Bagi siswa-siswa SMA dan sederajat yang sudah kelas 3 dan akan menduduki bangku kuliah, terutama yang mau kuliah jauh dari orang tua. Masa kuliah adalah ketika anak mulai masuk ke fase menuju kedewasaan. Berbagai hal yang terjadi di dunia perkuliahan pun mendukung kesiapan anak yang nantinya terjun ke kehidupan masyarakat. Bahkan sebelum masuk kuliah, sebenarnya orang tua perlu memastikan kalau anak sudah menguasai berbagai keterampilan.

Berikut keterampilan yang perlu dikuasai sebelum kuliah:

1.Tepat waktu
Biasanya, anak masih tergantung pada orang tua untuk mengingatkan mereka tentang hal-hal tertentu. Namun ketika sudah memasuki fase perkuliahan, anak harus belajar dan menguasai keterampilan untuk selalu tepat waktu dalam menjalani sesuatu. Dalam mengerjakan tugas juga dituntut yang namanya tepat waktu, karena dosen tidak akan baik hati jika Anda telat.

2.Tanggung jawab pribadi
Kuliah identik dengan hidup sendiri, dan sikap mandiri perlu diterapkan sejak sebelum anak masuk kuliah. Sebab ada tanggung jawab pribadi yang harus diselesaikan sendiri oleh anak. Disini Anda tidak bisa lagi menyamakan hidup semasa SMP atau SD. Mungkin Anda sudah terbiasa karena masa SMA Anda juga harus punya rasa tangung jawab.

3.Managemen Keuangan
Kebanyakan anak kuliah memilih untuk menuntut ilmu dan jauh dari orang tua. Jadi keterampilan yang satu ini sangat perlu untuk dikuasai sebelum anak masuk kuliah. Apalagi jika anak kuliah yang masih terbiasa boros semasa SMA, patut berhati hati karena, masa kuliah beda dengan masa SMA.

4.Sosialisasi
Anak perlu tahu bagaimana caranya berbicara, berdiri, dan menyapa orang baru dengan baik. Keterampilan yang satu ini disebut juga dengan sosialisasi dan anak perlu menguasainya bahkan sebelum masuk kuliah. Anda juga harus mempunyai etika saat berbicara pada lawan berbicara seperi menatap mata lawan berbicara, Jelas berbeda pada masa SMA atau SMP anda mungkin masih cengengesan saat berbicara pada lawan berbicara.

5.Disiplin
Disiplin adalah salah satu faktor penentu kesuksesan di masa depan. Ajarkan bagaimana caranya disiplin tanpa memaksa. Beri contoh nyata berupa tindakan. Dengan demikian, anak akan menguasainya sebelum masuk kuliah.

6.Menghargai
Terakhir, pastikan anak tahu bagaimana caranya menghargai dan menghormati orang lain. Sebab tidak ada gunanya jika anak pandai menjaga dirinya, namun gagal mengakui kehebatan orang lain di sekelilingnya.

Demikian beberapa hal yang harus dikuasai bagi yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang kuliah, terutama bagi Anda yang ingin kuliah di luar kota. Mampu mengambil keputusan sendiri adalah keterampilan lain yang perlu dikuasai anak sebelum masuk kuliah. Jika mereka mampu melakukannya, anak akan sanggup bertahan tanpa bergantung pada orang lain.

PT.BESTPROFIT FUTURES MEDAN

Sumber : kesekolah.com