PT Bestprofit Medan

Hambatan Strategi Pemasaran Bisnis Internasional

strategi pemasaran

BEST PROFIT FUTURES – Semakin pesat perkembangan ekonomi, semakin banyak jenis bisnis yang tersedia, baik yang berbasis online maupun offline. Banyak di antaranya adalah bisnis yang berkisar di suatu negara dengan berbagai macam produk khas yang menandai suatu wilayah tertentu dengan strategi pemasaran khusus untuk konsumen lokal. Di masa lalu, masyarakat suatu negara menjalin hubungan dagang melalui para saudagar yang berdagang dari satu negara ke negara lain dengan melalui perjalanan laut.

Namun, perkembangan teknologi internet telah membuat segalanya lebih mudah. Saat ini, anda tidak perlu lagi melakukan ekspedisi besar-besaran (dengan biaya yang fantastis tentunya), untuk menawarkan produk anda kepada konsumen dari negara lain. Internet memungkinkan anda menjangkau konsumen dari seluruh dunia. Oleh sebab itu,  strategi pemasaran yang diterapkan dalam bisnis internasional telah mengalami perubahan yang signifikan, yakni pemasaran berbasis internet, karena hampir semua perusahaan telah memiliki website sebagai sarana untuk mempromosikan bisnisnya ke masyarakat internasional.

Namun tentunya, semudah apapun upaya promosi melalui internet, tetap ada hambatan yang dihadapi para pengusaha online multinasional. Namun demikian, tantangan apapun yang dihadapi,  anda tentunya tidak boleh menyerah apalagi mengeluh dan harus siap dengan segala resiko yang mungkin akan terjadi ketika anda menjalankan bisnis dan anda juga harus tahu bagaimana cara mengatasi agar bisnis anda terus dapat berjalan seiring waktu.

 

Hambatan Pemasaran Internasional

Ada beberapa hambatan yang perlu diberi perhatian yang khusus sehingga anda tidak akan salah dalam melangkah dan anda juga bisa bersiap dalam menjalankan bisnis dan anda tidak terkejut ketika masalah-masalah tersebut benar-benar ada di hadapan anda. Berikut adalah beberapa hambatan yang lazim dalam menerapkan strategi pemasaran internasional.

  • Masalah kepercayaan

Tidak bisa dipungkiri, akibat ulah para oknum tertentu, transaksi online saat ini mendapat stigma negatif di mata sebagian konsumen, terutama orang-orang yang pernah menjadi korban penipuan secara online. Memang, banyak ‘pencuri’ yang telah mengadopsi sistem online untuk mengeruk keuntungan di atas penderitaan orang lain, entah itu melalui pencurian rekening online, penipuan kualitas produk, atau bahkan investasi bodong online.

  • Masalah jarak

Memang, jarak geografis bukanlah suatu masalah untuk mempromosikan suatu produk. Bahkan seseorang di pelosok Afrika bisa menjangkau produk dari negara-negara Asia. Permasalahannya bukan terletak pada mekanisme promosi, melainkan para mekanisme pengiriman. Jika anda menjual produk secara fisik, bukankah barang tersebut harus dikirim langsung ke nagar konsumen? Di sinilah timbul berbagai persoalan, termasuk kerusakan, kecelakaan, kehilangan, dan sebagainya.

  • Masalah kualitas

Bayangkan ketika anda ‘berburu’ produk garment di toko fashion online. Gambar-gambar yang disajikan begitu atraktif. Bahkan pakaian biasa akan terlihat indah saat dipajang dengan patung dan difoto dari ‘angle’ yang tepat. Masalahnya, apakah anda bisa meraba produk yang akan dibeli? Tentunya tidak. Sekalipun anda bisa mendapat informasi tentang bahan pembuatannya, anda tetap tidak bisa memastikan apakah bahannya sesuai keinginan anda atau tidak.

Berdasarkan ketiga hambatan yang mungkin terjadi di atas, maka diperlukan kehati-hatian dalam memilih strategi pemasaran untuk bisnis yang bersifat internasional. Selain itu, anda harus mempersiapkan strategi untuk mengatasi hambatan tersebut dengan persiapan yang matang dengan perencanaan yang mendalam dalam melaksanakan semua kegiatan bisnis. Hal penting lainnya adalah bagaimana anda menghadapi para pelanggan yang berasal dari berbagai negara lain, dengan bahasa dan latar belakang budaya yang berbeda dari negara anda.

Masalah komunikasi dan bahasa sepertinya sepele, namun hal ini dapat mempengaruhi volume transaksi di perusahaan anda. Dalam hal ini yang harus direncanakan dengan rinci adalah bagaimana anda melaksanakan Strategi Pemasaran untuk konsumen-konsumen internasional.