PT Bestprofit Medan

Harga Emas Ditutup Turun Akibat Tapering Lanjutan Fed

best1Harga emas mengalami penutupan pada teritori negative di akhir perdagangan bulan April (1/5). Harga komoditas logam mulia tersebut terpuruk setelah Fed memutuskan untuk kembali melakukan pemotongan pada program pembelian obligasi bulanannya. Bank sentral AS menyatakan bahwa alasan dari tapering tersebut adalah karena ekonomi di negara tersebut sudah berada dalam momentum pemulihan yang solid.Pada akhir rapatnya dini hari tadi Fed memutuskan untuk menurunkan besaran pembelian obligasi bulanan sebesar 10 miliar dollar menjadi tinggal 45 miliar dollar per bulan. Fed telah mengurangi program pembelian obligasinya selama 4 bulan berturut-turut.

Harga emas memperlambat penurunannya setelah dilaporkan bahwa pertumbuhan ekonomi Amerika Serika di kuartal pertama lalu melambat. Pertumbuhan ekonomi di kuartal pertama berada di level 0.1 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Pertumbuhan ini melambat jauh dibandingkan pertumbuhan kuartal keempat yang berada di level 2.6 persen.

Harga emas berjangka untuk kontrak penyerahan bulan Juni mengalami penurunan tipis kurang dari 0.1 persen dan ditutup pada posisi 1295.90 dollar per  troy ons.

Harga emas spot terpantau mengalami penurunan yang cukup besar. Harga ditutup melemah sebesar 0.5 persen di level 1289.86 dollar per troy ons.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan harga emas pada perdagangan hari ini akan melanjutkan pola melemahnya. Harga komoditas ini diperkirakan akan mengalami pergerakan pada kisaran 1280 – 1310 dollar per troy ons.