PT Bestprofit Medan

Hati – Hati Gunakan Toilet Duduk!

Best profit Futures5Best Profit Futures – Setiap hari Anda pasti menggunakan toilet, baik di rumah maupun di tempat umum seperti kantor, mall, dan tempat umum lainnya. Tapi ternyata tak sedikit orang tahu cara yang baik menggunakan toilet, terutama toilet umum. Walaupun terlihat bersih, kuman – kuman penyebab penyakit bisa saja menempel di toilet. Bila Anda, khususnya wanita, keliru menggunakan toilet duduk, bisa menjadi penyebaran human papillomavirus (HPV), penyebab kanker serviks.

Hal tersebut disampaikan oleh Bambang Heriyanto, mentor GPKSI (Gerakan Pencegah Kanker Serviks Indonesia). “Saat masuk toilet jangan langsung duduk,” jelasnya.

Ia juga menjelaskan dudukan pada toilet duduk beresiko tinggalnya virus dan kuman. Dan tanpa disadari, virus HPV yang berasal dari pengguna toilet sebelumnya dapat ditular lewat dudukan toilet tersebut.

Untuk mencegahnya, sebelum Anda memakai toilet dapat dibersihkan terlebih dahulu. Bisa menggunakan air, tisu, atau sabun antiseptic untuk toilet.

Selain pada dudukan toilet, benda – benda yang ada di toilet umum juga dapat menjadi sarang kuman dan virus. Misalkan flush pada toilet, keran, dan benda – benda lain yang Anda sentuh. Hal ini bisa disebabkan oleh pengguna toilet yang menyentuh benda- benda tersebut dengan tangan yang dipakai untuk membasuh organ genital.

Untuk itu, tidak sembarangan dalam menggunakan toilet duduk. Pertama – tama, flush toilet untuk mengeluarkan kuman dan bakteri yang ada di air dalam toilet. Lapisi dudukan toilet dengan pelapis dudukan toilet, seperti tisu.

Jangan duduk di atas toilet yang terlihat basah atau kotor. Posisi duduk yang dapat digunakan adalah melayang tanpa menyentuh toilet. Memang sulit namun hal ini damat meminimalkan tertularnya virus atau bakteri ke tubuh kita.

Jangan lupa untuk cuci tangan setelah menggunakan toilet. Cuci tangan yang efektif yaitu selama 20 – 30 detik. Menggunakan toilet umum tidak perlu ditakuti bila Anda mengetahui cara yang aman.

Sumber : kesekolah.com