PT Bestprofit Medan

Hendak Gunakan Toilet Umum Saat Mudik? Ini yang Perlu Diperhatikan

PT Bestprofit Futures Medan

PT Bestprofit Futures Medan

– Jakarta, Terpaksa buang air kecil (BAK) atau buang air besar (BAB) di toilet umum saat mudik? Tak masalah, kata dokter yang terpenting adalah Anda tetap memerhatikan faktor kebersihan.

Ya, Anda tidak disarankan untuk terlalu sering menahan BAK dan BAB di perjalanan yang terhitung jauh. Oleh sebab itu, jauh lebih baik jika Anda tetap BAK atau BAB di toilet umum. Tapi jangan lupa tetap menjaga kebersihan ya.

“Menahan BAK itu tidak sehat lho, karena bisa menimbulkan infeksi saluran kemih. Untuk mengatasinya, selama perjalanan kurangi air minum. Kemudian mau tidak mau, Anda harus minta tolong pengemudi moda umum untuk berhenti di tempat tertentu agar bisa BAK,” tutur dokter spesialis penyakit dalam dari Mayapada Hospital Tangerang, dr Iwan Purnawan, SpPD.

Yang perlu diingat, jika Anda menggunakan air untuk membersihkan organ intim maka sebaiknya gunakan air yang mengalir langsung dari keran. Hindari menggunakan air dari tempat penampungan air. Ini karena tinggi kemungkinan tempat penampungan tersebut kotor dan menyebabkan air tercemar.

Lantas bagaimana dengan pemudik yang lebih memilih untuk menahan BAK atau BAB? Menurut dr Iwan, hal seperti ini sebaiknya tidak dilakukan. Ini karena menahan BAK dan BAB dapat menimbulkan infeksi saluran kemih dan menyebabkan sakit perut akibat kotoran yang tertumpuk dalam usus. –┬áPT Bestprofit Futures Medan

Sumber oleh : health.detik.com