PT Bestprofit Medan

Ilmuwan Ungkap Cara Paling Tepat Memperkuat Otot Tanpa Pegal-pegal

PT Bestprofit Futures Medan

PT. Bestprofit Futures Medan

– Jakarta, Olahraga untuk memperkuat otot banyak dihindari karena dianggap melelahkan sekaligus menyakitkan. Namun ternyata, cara yang benar untuk memperkuat otot tidak seharusnya bikin pegal-pegal.

Untuk memperkuat otot, selama ini orang melakukan sejumlah pengulangan atau repetisi gerakan dengan beban yang secara bertahap semakin ditingkatkan. Cara ini selalu membuat otot-otot terasa pegal, sehingga banyak orang kapok melakukannya.

Kini, para pakar mengungkap bahwa beban yang ringan bisa memberikan efek setara jika gerakannya dilakukan dengan lebih menghentak atau eksplosif. Otot menjadi lebih kuat, tetapi lebih sedikit pegal-pegal yang dirasakan.

Menurut para ilmuwan, otot menjadi lebih kuat melalui satu proses yang dinamakan kontraksi. Otot menjadi kuat saat memendek dan mengencang. Kontraksi yang lambat disebut ‘sustained contraction‘ sedangkan kontraksi yang singkat disebut ‘explosive contraction’.

Para ilmuwan membandingkan efektivitas keduanya dalam melatih kekuatan otot. Percobaan dilakukan dengan 40 kontraksi, yang terdiri dari 4 set dengan 10 repetisi. Masing-masing dilakukan 3 kali sepekan selama 3 bulan. Demikian dikutip dari Dailymail, Selasa (14/6/2016).

Hasilnya, explosive contraction lebih mudah dilakukan dan tidak menyakitkan. Efeknya pada kekuatan otot teramati setara dengan sustained contraction. Namun demikian, sustained contraction tetap lebih efektif jika tujuannya bukan sekedar memperkuat melainkan juga membentuk massa otot. – PT Bestprofit Futures Medan

Sumber oleh : health.detik