PT Bestprofit Medan

Indonesia Bukanlah Negara Gagal

Best Profit Futures 7Best Profit Futures – Indonesia sudah banyak mengalami perubahan dari Indonesia merdeka hingga saat ini, perubahan yang dialami Indonesia termasuk ke dalam perubahan yang inklusif.

Ketua Bidang Pengembangan Ilmu Ekonomi Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Suahazil Nasara mengatakan perubahan perubahan yang dialami Indonesia mencakup di semua bidang mulai dari politik, ekonomi dan reformasi birokrasi.

Di bidang politik Indonesia telah berhasil mengadakan pemilu, partai politik juga aman terkendali, di bidang ekonomi pertumbuhan ekonomi Indonesia mengalami pertumbuhan yang cukup stabil sedangkan di bidang reformasi birokrasi, Indonesia telah menerapkan otonomi daerah.

Menurut dia dengan semua pencapaian tersebut, Indonesia termasuk ke dalam negara berkembang dan jauh dari negara gagal.

Agar Indonesia menjadi negara maju maka pengelolaan ekonomi harus ditata lebih baik lagi terutama kebijakan di fiskal dan anggaran.

“Posisi Indonesia tidak sempurna tetapi juga tidak jelek, butuh pengelolaan yang baik agar pertumbuhan ekonomi menjadi lebih baik,” ujar dia dalam acara ” Bedah Buku Why Nation Fail” di Kantor ISEI, Jakarta, Kamis (21/8).

Dia mengatakan salah satu permasalahan yang selalu dihadapi perekonomian adalah tingginya subsidi BBM sehingga menyebabkan anggaran pemerintah tidak sehat sedangkan penerimaan negara dari pajak tidak pernah mencapai target.

Dari fakta yang ada subsidi BBM selama ini dinikmati 20% kalangan atas, hal inilah yang harus diubah.

Dia menjelaskan agar anggaran menjadi lebih sehat, pemerintah mempunyai opsi dalam pengendalian subsidi BBM, ia berpendapat anggaran subsidi BBM harus dikurangi, hasil penghematan dari anggaran subsidi BBM bisa digunakan untuk pembangunan infrastruktur dan perlindungan sosial.

Selain itu, penerimaan negara dari pajak harus lebih ditingkatkan, dua cara yang paling ampuh adalah mengoptimalkan penerimaan pajak PPN karena masih banyak transaksi yang belum terdaftar dan pajak PBB.

Dia mengatakan Indonesia baru saja selesai melaksanakan pemilu, pekerjaan prioritas yang harus dilakukan Presiden baru adalah mengurangi anggaran subsidi BBM dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Sementara itu, Sekretaris Komite Ekonomi Nasional dan ISEI Aviliani mengatakan Indonesia bukanlah negara gagal karena apa yang dicapai Indonesia dari merdeka hingga 2014 di sektor ekonomi, perdagangan, investasi sudah jauh lebih baik.

Aviliani mengatakan semua kebijakan yang dibuat pemerintah sudah baik tetapi implementasinya di lapangan masih belum optimal, hal inilah yang harus diperbaiki selain itu kebijakan yang dibuat haruslah kebijakan yang meningkatkan kesejahteraan rakyat.

” Indonesia berpotensi menjadi negara maju asalkan ada kemauan untuk mengeluarkan kebijakan yang berkeadilan baik dari segi anggaran dan dampak sosialnya,” pungkasnya.

Sumber : beritasatu.com

PT.Bestprofit Futures Medan