PT Bestprofit Medan

Ingin Ganti Pekerjaan Tanpa Rasa Menyesal? Perhatikan 5 Hal Ini

Best profit Futures7Best Profit Futures – Sudah mendapatkan sebuah pekerjaan dan karier. Tapi tiba-tiba ingin pindah atau ganti pekerjaan yang lain? Berganti pekerjaan atau memilih jalan karier yang berbeda kerap dilakukan banyak orang. Hanya saja ada yang menyesali keputusan itu tapi ada juga yang malah menemukan kebahagiaan baru dengan keputusan tersebut.

Nah, jika Anda ingin berganti pekerjaan tanpa menyisakan rasa penyesalan, perhatikan lima hal yang dilansir dari psycohologytoday.com berikut ini. Dengan mengetahui lima hal ini, Anda bisa lebih mempersiapkan diri Anda dan menghindari kemungkinan terburuk yang bisa saja terjadi.

Temukan Alasan Kenapa Harus Berganti Pekerjaan
Cari tahu alasan sebenarnya kenapa Anda mau berganti pekerjaan? Karena gaji? Karena perlakuan atasan yang buruk? Atau karena baru saja mengalami hari buruk?

Saat Anda sudah menemukan alasan yang sebenarnya, cari tahu kemungkinan-kemungkinan lain yang bisa terjadi. Pikirkan juga orang-orang terdekat Anda atau orang-orang yang selama ini selalu mendukung Anda. Rencana baru harus dibuat ketika Anda beralih ke pekerjaan lain.

Jangan Terpaku pada Uang
Banyak orang yang merasa tidak bahagia dengan pekerjaannya meskipun mendapat gaji yang besar. Tanyakan pada diri Anda apakah pekerjaan atau karier baru Anda nantinya bisa memberi kepuasan untuk diri Anda. Ketika Anda memutuskan untuk memilih pekerjaan yang sekiranya memberikan lebih banyak kepuasan pada Anda, hidup Anda bisa jadi jauh lebih bahagia.

“Believe in yourself! Have faith in your abilities! Without a humble but reasonable confidence in your own powers you cannot be successful or happy.”–Norman Vincent Peale

 Kenali Kekuatan Inti Anda

Apakah pekerjaan baru Anda nantinya benar-benar bisa Anda lakukan dengan kelebihan dan kekuatan yang Anda miliki. Buat daftar keahlian dan keterampilan yang Anda miliki saat ini. Lalu cari tahu apakah kelebihan yang Anda miliki bisa benar-benar optimal dalam karier baru Anda.

Hubungi Orang-Orang yang Telah Berhasil dalam Jalur Karier yang Akan Pilih
Lakukan sedikit penelitian atau riset kecil-kecilan. Hubungi orang-orang yang sudah terlebih dahulu sukses dengan jalur karier yang akan Anda pilih. Ambil pelajaran dari mereka, dapatkan saran-saran terbaiknya. Belajar dari pengalaman orang-orang sukses akan memudahkan kita untuk melangkah dengan lebih yakin dan pasti.

Lakukan Pengujian
Sebelum benar-benar beralih dari pekerjaan Anda yang sekarang, coba lakukan pengujian melakukan pekerjaan di jalur karier baru yang Anda pilih. Uji dulu apakah Anda nantinya nyaman dengan pekerjaan baru yang Anda pilih.

Sebagai contoh jika saat ini Anda bekerja sebagai pegawai kantoran dan ingin beralih mendirikan bisnis, cobalah untuk merintis bisnis tersebut di sela-sela Anda bekerja sebagai pegawai kantoran. Dengan begini, Anda pun bisa punya gambaran utuh tentang kemungkinan atau risiko-risiko yang biasanya muncul dalam jalur karier baru yang Anda pilih.

Membuat keputusan untuk berganti pekerjaan butuh pertimbangan yang matang. Ya, tidak mudah untuk beralih dari zona nyaman ke hal baru yang lebih menantang. Tapi keberanian untuk mencoba itu terkadang bisa mengalahkan rasa kecewa karena takut mencoba.

Sumber : vemale.com