PT Bestprofit Medan

Ini 3 Hasil Pertemuan Menkominfo dengan Twitter

PT Bestprofit Futures Medan

PT Bestprofit Futures Medan

Jakarta – Setelah dengan Facebook, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara melakukan pertemuan dengan perwakilan Twitter terkait soal maraknya penyebaran berita bohong atau hoax di media sosial.
Dirjen Aptika Kominfo Samuel Abrijani Pangerapan memaparkan Menkominfo melakukan pembicaraan dengan dua orang perwakilan Twitter. Mereka adalah Kathleen Reen (Twitter Asia Pacific) dan Agung Witjaksono (Twitter Indonesia).

“Twitter dan Kominfo rupanya punya keprihatinan yang sama dengan munculnya berbagai permasalahan di media sosial. Terutama terkait fake news, aktivitas teroris, konten berbau SARA dan perilaku kasar,” kata pria yang kerap disapa Sammy ini saat menggelar konferensi pers di Kantor Kominfo, Jakarta, Rabu (20/12/2017).

Dari pertemuan tersebut, ada tiga pokok pembahasan yang tercapai. Pertama, Twitter dan Kominfo akan melakukan kegiatan literasi bersama untuk mengatasi problem-problem di media sosial.

Terkait akun palsu, Twitter akan melakukan verifikasi akun pengguna. Jika dilihat di Twitter, ada tanda centang biru pada nama akun bila yang bersangkutan telah terverifikasi.

“Masyarakat yang ingin tidak di-copy atau tidak diakui akunnya oleh orang lain buatlah akun sendiri dan diverifikasi oleh Twitter. Mereka ada cara untuk memverifikasi,” jelas pria berkacamata itu.

Terakhir, Twitter bakal menyanggupi keinginan Kominfo agar laporan pengaduan yang masuk dapat dengan cepat ditangani.

“Dulu cukup lama, sekarang diusahain 1×24 jam agar mengikuti aturan Permen No 19 Tahun 2014,” pungkasnya. PT Bestprofit Futures Medan

Sumber oleh : inet.detik