PT Bestprofit Medan

Ini Alasan Dianjurkan Stop Sementara Konsumsi Sayur Saat Diare

PT Bestprofit Futures Medan

PT Bestprofit Futures Medan

– Jakarta, Ketika sedang diare, ada beberapa asupan yang baiknya dihindari supaya diare tidak makin parah. Nah, salah satu asupan yang harus dihindari sementara adalah sayur dan beberapa jenis buah.

“Jadi kalau orang sedang diare justru nggak boleh makan sayuran karena sayuran mengandung serat yang banyak. Serat kan dicernanya sebentar dan dia akan dikeluarkan lagi. Jadinya saat diare hindari konsumsi serat,” kata dr Hepi Novlina dari Puskesmas Babadan, Indramayu.

Dalam perbincangan dengan detikHealth, dr Hepi menambahkan pada buah, memang terdapat kandungan serat. Tetapi, tergantung lagi pada jenis buahnya. Misalnya buah naga, dikatakan dr Hepi mengandung banyak serat sehingga baik dikonsumsi ketika sembelit.

Namun, jangan konsumsi buah naga saat diare karena justru diare bisa makin parah. Asupan tinggi serat lain yang baiknya dihindari sementara yaitu agar-agar. dr Hepi mengungkapkan, pada prinsipnya, diare merupakan tanda proses pencernaan yang kurang baik. Padahal, asupan makanan harus yang bergizi seimbang dan sehat.“Sehat dalam bentuk apa? Makanannya bersih. Saat diare, proses pencernaan berarti sedang tidak terlalu baik dan banyak bakteri-bakteri di sistem pencernaan itu,” kata dr Hepi.

Saat diare, ada orang yang mengandalkan mengunyah daun jambu biji. Terkait hal ini, dr Bahdar T. Johan, SpPD dari RS Premiere Bintaro mengatakan daun jambu biji tidak menyembuhkan diare, melainkan memekatkan kotoran yang encer saat diare. Sehingga, menurut dia daun jambu sebenarnya hanya untuk pertolongan pertama pada pasien diare.

Sebagai pertolongan pertama, Anda dapat memakan daun jambu mentah yang sudah dicuci terlebih dahulu, dikunyah langsung atau diberi sedikit tambahan garam.

“Tergantung penyebab diarenya apa, kalau karena bakteri tapi bakterinya tidak dibunuh ya tetap saja akan diare. Daun jambu mengandung zat yang mirip dengan attapulgite, seperti yang terkandung dalam karbon dan berfungsi untuk memekatkan kotoran,” kata dr Bahdar. PT Bestprofit Futures Medan

Sumber oleh : health.detik.com