PT Bestprofit Medan

Makanan yang Membantu Anda Tidur Lebih Lelap

PT Besprofit Futures

PT Bestprofit Futures –¬†Makanan yang Membantu Anda Tidur Lebih Lelap

PT Bestprofit Futures – Kesulitan tidur di malam hari akibat gangguan tidur seperti insomnia, atau hal lainnya memang sangat mengganggu dan berdampak buruk pada kesehatan. Hal ini bisa disebabkan berbagai faktor, entah itu karena makan berlebihan sebelum tidur, bermain gawai, atau karena mengonsumsi makanan atau minuman yang salah.

Ya, makanan yang kita konsumsi sebelum tidur juga bisa memengaruhi kualitas tidur. Mengonsumsi makanan yang berpotensi “membangunkan” sistem saraf tentu akan membuat kita terjaga seharian. Sebaliknya, asupan makanan dengan nutrisi tertentu seperti magnesium, triptofan, potassium, serta melatonin akan membantu kita tidur lebih nyenyak karena membuat sistem saraf lebih rileks.

Kabar baiknya, nutrisi tersebut bisa dengan mudah ditemukan pada beberapa buah. Berikut daftar buah yang membantu tidur malam Anda lebih lelap, dilansir laman Huffingtonpost, Selasa (13/9/2016):

1. Cherry

Buah yang sering dijadikan hiasan kue ini merupakan sumber melatonin, hormon yang membantu kita mudah lelap. Bila dikonsumsi secara rutin, cherry bisa membantu siklus tidur jadi lebih baik.

Dalam sebuah studi kecil terungkap bahwa memakan kue tart yang diberi sari cherry membantu individu dewasa dengan insomnia kronis tidur lebih nyenyak.

Mengonsumsi segenggam atau secangkir cherry segar sebagai kudapan di malam hari–satu jam sebelum tidur–membuat Anda mendapatkan kualitas tidur yang diinginkan. Jika Anda tak bisa mendapat cherry segar, cherry yang telah dikeringkan pun tetap memberi manfaat yang sama.

2. Pisang

Buah berkulit kuning ini kaya akan nutrisi seperti magnesium dan potassium. Kedua zat tersebut mampu melemaskan otot dan membantu tidur lebih nyenyak.

Pisang juga mengandung asam amino triptofan yang bisa diubah menjadi serotonin dan melatonin di otak. Kedua hormon ini memicu rasa rileks dan kantuk.

3. Almond

Almond juga mengandung triptofan dan magnesium. Keduanya tak hanya membuat tubuh dan otot lebih rileks melainkan juga menyelaraskan detak jantung sehingga Anda mudah terlelap. Segenggam almond cukup untuk membantu Anda tidur nyenyak.

4. Tomat

Meski bentuknya sederhana dan mudah ditemukan di mana saja, tomat patut menyandang sebutan “makanan super” (super food) karena kaya nutrisi. Tak hanya mengandung melatonin, tomat juga memiliki lycopene yang membantu tidur lebih baik.

5. Markisa

Nah, buah yang sering dijadikan sirup ini mengandung beberapa alkaloid, termasuk Harman, senyawa sedatif yang biasa digunakan untuk mengatasi kegelisahan, insomnia, atau bahkan kecemasan.

6. Anggur

Anggur juga kaya akan melatonin. Menurut National Institute of Health, Amerika Serikat, melatonin efektif mengatasi sindrom fase tidur serta insomnia.

Melatonin juga mengurangi kadar stres dan kecemasan. Konsumsi anggur dalam jumlah yang sedang akan membantu kantuk lebih mudah datang. ( RDI –¬†PT Bestprofit Futures¬†)