PT Bestprofit Medan

Jangan Malas! Jarang Bersihkan Karang Gigi Bisa Bikin Gigi Copot Tiba-tiba

best5BPF – Saran untuk rutin kontrol ke dokter gigi tiap enam bulan sekali minimal untuk membersihkan karang gigi baiknya tidak diremehkan. Sebab karang gigi yang bertumpuk dan bisa mengakibatkan peradangan gusi pun dapat membuat gigi Anda tiba-tiba copot lho.
Ketika karang gigi terlalu tebal, fungsi gusi untuk menopang atau ‘memegang’ gigi pun tidak bisa maksimal. Sebab, saat ada karang gigi di antara gusi, gusi tidak kuat lagi menahan gigi. Akibatnya, gigi pun mudah goyang, demikian diutarakan drg Yulia Prapti.

“Ada pasien saya, dewasa, yang tahu-tahu giginya copot padahal nggak ada apa-apa tapi ternyata karena karang gigi tadi. Ada juga lagi makan atau ngomong tahu-tahu giginya copot,” kata dokter yang praktik di klinik An-Nur, Setiabudi, Bandung ini saat ditemui di area gedung Trans TV dan ditulis pada Senin (12/5/2014).

Kondisi gigi yang tanggal tiba-tiba acapkali dikaitkan dengan konsumsi makanan yang terlalu panas atau dingin. Menurut drg Yulia, makanan terlalu panas atau dingin tidak menimbulkan pengaruh separah itu, asal dikonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan.

Sejatinya, karang gigi merupakan sisa makanan yang tertinggal di dalam mulut yang kemudian mengalami proses pengapuran setelah bercampur dengan air ludah. Sisa makanan akan ada yang tertinggal karena tidak mungkin seseorang menyikat giginya dengan bersih sempurna.

Nah, jika sudah menjadi karang, sisa makanan tadi tidak bisa hanya disikat tetapi harus dibersihkan dengan alat. Saat jumlah karang gigi terlampau banyak, pertama kali akan timbul peradangan gusi yang menyebabkan gusi berdarah saat menyikat gigi.

Pada banyak kasus, saat menyikat gigi lalu gusi berdarah,seseorang jadi enggan atau malas menyikat giginya karena takut berdarah. Menurut drg Yulia, langkah itu justru tidak tepat.

“Semakin kita nggak menyikat gigi, perdarahan justru makin banyak. Kita tetap sikat tapi dengan cara yang baik dan benar kemudian jangan lupa pula konsultasi dengan dokter,” kata drg Yulia.

BESTPROFIT-MEDAN

Sumber : detik.com