PT Bestprofit Medan

Jawa Barat Punya Sangu Tutug Oncom dan Nasi Jamblang yang Sedap

PT Bestprofit Futures Medan

PT Bestprofit Futures Medan

– Jawa Barat punya racikan nasi yang sedap. Di sini ada sangu tutug oncom dan nasi jamblang berlauk lengkap.

Berjalan-jalan ke tanah Pasundan pastikan mencicip kuliner khasnya. Di Cirebon, Anda bisa mencicip nasi jamblang dan nasi lengko. Ada juga nasi rames dari wilayah lain dengan variasi menggugah selera.

1. Nasi tutug oncom
Sejak dulu Tasikmalaya dikenal dengan racikan nasi tutug oncom atau sangu tutug oncom. Berupa nasi putih hangat yang dicampur garam dan oncom. Seiring berjalannya waktu, nasi tutug oncom diberi racikan bumbu lebih komplet. Nasi putih diaduk dengan oncom dan bumbu berupa cabai, kencur, bawang putih, dan garam. Rasanya yang pedas menggigit membuat banyak orang menyukainya.

Nasi makin enak dimakan bersama ikan asin goreng, ayam goreng, gurame goreng, serta tempe dan tahu goreng. Kalau mau lebih komplet, tambahkan karedok, reuceuh bonteng (sambal timun), lalap sayuran segar, dan sambal dadak khas Sunda yang pedas segar.

2. Nasi bakar

Tampilan nasi bakar sedikit berbeda dari nasi rames Nusantara lainnya. Nasi putih berisi aneka lauk dibungkus dalam daun pisang lalu dibakar. Aroma harum khas bakaran membuat sajian ini makin sedap.

Isian nasi bakar khas Jawa Barat adalah oncom. Namun ada juga lauk lain seperti daging ayam, ikan asin, cumi, hingga jamur yang tak kalah enak. Pelengkap sambal dadak, lalapan sayur segar, dan kerupuk membuat nasi bakar makin sedap mengenyangkan.

3. Nasi jamblang
Nasi jamblang sudah menjadi ikon kota Cirebon. Nasi berbungkus daun jati ini aromanya harum. Lauknya sangat beragam dan tergolong sederhana. Seperti ayam goreng, tempe goreng, kerang pedas, cumi, semur tahu dan kentang, sate kentang, sate telur puyuh, dan aneka pepes.

Tak ketinggalan sambal cabai merah iris yang jadi ciri khasnya. Nasi jamblang dijajakan sepanjang hari mulai saat sarapan hingga makan malam.

4. Nasi lengko

PT Bestprofit Futures Medan

Tak hanya nasi jamblang, Cirebon punya nasi lengko yang juga nikmat. Nasi putih diberi potongan tahu dan tempe goreng. Taburannya berupa tauge, irisan kucai, cincangan mentimun, dan siraman bumbu kacang. Dikucuri kecap manis khas Cirebon sehingga berpadu enak dengan sambal kacang yang gurih pedas.

Konon nasi lengko merupakan makanan sederhana yang dipengaruhi kuliner China kental. Karena secara historis, China memang memegang peran penting dalam kulturasi di kota pelabuhan ini. PT Bestprofit Futures Medan

Sumber oleh : food.detik.com