PT Bestprofit Medan

Jokowi: Punya Posisi Strategis, Indonesia Menjadi Rebutan

Best profit Futures6Best Profit Futures, Beijing –┬áPresiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Konfernsi Tingkat Tinggi (KTT) Kerja Sama Ekonomi Asia (Asia-Pacific Economic Cooperation-APEC) yang digelar di Beijing, Tiongkok, Senin (10/11) hingga Selasa (11/11). Kehadiran Jokowi di APEC adalah yang pertama di forum internasional setelah dilantik 20 Oktober lalu.

Serangkaian kegiatan dan pertemuan digelar pada forum APEC tersebut. Ada pertemuan dengan para pemipin perusahaan besar dunia (CEO Summit). Ada juga jamuan makan malam bersama dan sessi foto.

Dari pengalaman pertamanya berada di forum dunia, Jokowi menyebut Indonesia menjadi rebutan negara lain. Alasannya Indonesia punya posisi strategis di kawasan ASEAN dan Asia. Indonesia juga negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia.

“Kita itu jadi rebutan,” kata Jokowi dalam wawancara doorstop di hotel Kempinski, Beijing, Senin (10/11).

Ia mengakui ada tarik-menarik kepentingan dari para pemipin dunia untuk memberi pengaruhnya. Hal itu juga berpengaruh pada Indonesia. Namun, Jokowi menegeaskan, tidak terpengaruh dengan tarik-menarik tersebut. Indonesia berada di tengah dengan menempatkan politik luar negeri bebas-aktif sebagaimana diamanatkan konstitusi.

“Kelihatan, tadi makan malam kenapa saya ada di sebelah kanannya presiden Xi Jinping (Tiongkok), di sana ada Obama (Amerika), kemudian baru Putin (Rusia). Saya berada di mana, tengah. Itu simbol. Simbol-simbol itu harus bisa dibaca. Kita itu jadi rebutan,” tegasnya.

Dia menegaskan tiap negara punya kepentingan masing-masing. Indonesia mencari kawan dengan membawa kepentingan nasionalnya sendiri.

“Ada kepentingan mereka. Tentu saja kalau kita melihat itu kepentingan mencari kawan. Saya mau mencari kawan siapaun boleh dong. Tapi dengan catatan kepentingan nasional, kepentingan rakyat kita harus dinomor satukan,” tuturnya.

Sumber : beritasatu.com