PT Bestprofit Medan

Kaya Asam Sitrat, Infused Water Lemon Bisa Cegah Batu Ginjal

PT Bestprofit Futures Medan

PT. Bestprofit Futures Medan

– Jakarta, Penyakit batu ginjal adalah masalah yang umum menyerang laki-laki pada usia produktif disebabkan karena adanya deposit seperti batu keras yang terbentuk di ginjal. Gejala yang ditimbulkan bisa rasa sakit, pegal di bagian pinggang, kolik, atau pada kasus yang parah bisa juga menimbulkan infeksi saluran kemih.

Penyebab dari penyakit ini dijelaskan oleh spesialis urologi dr Dimas Nugroho, SpU, dari RS Bethsaida bisa bermacam-macam mulai dari faktor keturunan, masalah metabolisme, hingga gaya hidup seperti kebiasaan minum dan makan.

Kebiasaan untuk minum air putih ini terutama yang berkaitan dengan masalah metabolisme tubuh sehingga bisa terbentuk batu ginjal. Seorang pria disebut dr Dimas lebih berisiko dari perempuan karena faktor pekerjaan yang lebih aktif memungkinkan seringnya terjadi dehidrasi, membuat cairan kencing lebih pekat, dan pada akhirnya terjadi kristalisasi di ginjal.

Untuk mencegah batu ginjal cara paling sederhana adalah dengan rajin menjaga kondisi tubuh selalu cukup terhidrasi. Namun di luar hal itu, dr Dimas menyarankan juga seseorang bisa mengonsumsi asupan asam sitrat.

“Untuk mencegahnya salah satu yang bagus itu adalah dengan banyak mengonsumsi sitrat. Sitrat banyak terkandung di jeruk terutama jeruk nipis,” kata dr Dimas dalam kunjungannya ke kantor detikHealth, Jl Warung Jati Barat Raya, Jakarta Selatan, Rabu (27/4/2016).

“Sitrat itu sudah terbukti dalam penelitian dia bisa mencegah partikel batu untuk jadi berikatan. Jadi yang mencegah itu satu sitrat kedua jaga supaya air kencing seencer mungkin,” lanjutnya.

Nah terkait hal tersebut infused water atau air yang telah dicampur dengan irisan buah disebut dr Dimas bisa menjadi solusi yang baik. Dengan mencampurkan irisan jeruk nipis atau lemon, kandungan sitrat di dalam buah bisa masuk ke dalam air sehingga dengan mengonsumsinya dua cara pencegahan batu ginjal bisa terpenuhi. PT Bestprofit Futures Medan

“Infused water itu bagus,” cetus dr Dimas.

Sumber oleh : health.detik.com