PT Bestprofit Medan

Kenapa Setelah Minum Kopi Perut Jadi Mudah Mulas?

PT Best Profit Futures Medan

PT Best Profit Futures Medan

Jakarta, Menurut data dari The International Coffe Organization pada tahun 2015 ada sekitar 151,3 juta kantong kopi ukuran 60 kilogram yang dikonsumsi oleh orang-orang di dunia. Ini menjadikan kopi sebagai salah satu jenis minuman yang paling banyak dikonsumsi selain teh, susu, dan bir.

Namun demikian tidak semua orang menyukai kopi dengan alasan bermacam-macam mulai dari tidak suka rasanya hingga rentan kena efek samping. Memang studi oleh Karolinska Institutet menyebut sekitar 9 persen peminum kopi bisa terkena efek samping kopi seperti membuat perut mulas-mulas.

Tapi apa sebetulnya yang menimbulkan efek tersebut? Pembawa acara Schichow Michael Aranda menjelaskan ini ada kaitannya dengan kopi yang memicu produksi hormon gastrin.

Dengan produksi hormon gastrin meningkat, maka produksi asam lambung dan aktivitas pencernaan juga akan meningkat. Perut menjadi cepat dikosongkan hingga akhirnya berujung pada perasaan mulas ingin kencing atau buang air besar.

“Ada sesuatu pada kopi yang secara spesifik memicu produksi hormon ini, mendorong perut untuk bekerja sedikit lebih cepat dari biasanya,” kata Aranda seperti dikutip dari Medical Daily, Senin (21/11/2016).

Dalam skala rendah, peningkatan hormon gastrin dapat bermanfaat dengan membuat tubuh menyerap makanan lebih baik dan membunuh kuman-kuman lewat asam lambung. Namun demikian bila berlebih maka ada juga risiko untuk terjadinya diare atau yang lebih parah luka pada dinding perut.

Sebelumnya, direktur pusat kesehatan pencernaan di Georgia Regents University, Satish Rao, MD, PhD pernah menjelaskan kopi bisa meningkatkan kontraksi di usus. Akibatnya, tinja akan terdorong ke rektum hingga perut terasa mulas dan muncul rasa ingin buang air besar (BAB). Kata Rao, ritme sirkadian tubuh juga bisa berpengaruh. Sebab ritme sirkadian secara otomatis akan membuat usus dua kali lebih aktif di pagi hari. Untuk itulah, tak mengherankan jika di pagi hari, seringkali orang merasa ingin buang air besar, apalagi jika ditambah minum kopi. PT Best Profit Futures Medan

Sumber oleh : health.detik.com