PT Bestprofit Medan

Kentang, Sayuran Murah Yang Menyehatkan

best7BPF Bicara soal sayuran, kentang sebenarnya merupakan salah satu sayuran dengan gizi yang paling baik, demikian menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal PLoS ONE.

Dr Adam Drewnowski selaku Direktur Nutritional Sciences Program di University of Washington tepatnya melakukan penelitian mendalam terhadap 98 jenis sayuran berbeda dengan timnya. Sayuran tersebut termasuk lima sub kelompok, seperti berwarna hijau tua, oranye atau merah, bertepung, kacang-kacangan, dan sayuran lainnya.

Dr Drewnowski lantas menggunakan metode profiling gizi dan data harga pangan untuk mencapai indeks keterjangkauan daya beli masyarakat. Hasilnya, sayuran berdaun hijau memang memiliki skor gizi tertinggi, tetapi sayuran bertepung (salah satunya kentang) dan kacang juga tak kalah menyehatkan serta lebih mudah dijangkau.

Menurut tim peneliti, kentang merupakan salah satu sumber kalium terbaik (setelah kacang-kacangan). Kentang juga kaya serat, vitamin C, dan magnesium. Semua nutrisi itu bisa didapatkan dengan membeli sayuran murah ini.

“Masyarakat selalu diingatkan untuk makan sehat. Tetapi mereka mengeluhkan harga sayur yang mahal. Padahal, kentang juga tak kalah sehat sekaligus mudah dijangkau,” papar Dr Drewnowski, seperti yang dikutip dari Red Orbit.

Sebelumnya, sebuah penelitian memang pernah menyebutkan kalau konsumsi kentang berkaitan dengan meningkatnya kadar kalium dalam tubuh.

Kalium sendiri merupakan salah satu nutrisi yang mampu membantu tubuh mengontrol tekanan darah. Seperti yang diketahui, tekanan darah tinggi berhubungan erat dengan risiko penyakit jantung dan stroke.

PT.BESTPROFIT FUTURES MEDAN

Sumber : kotamedannews.com