PT Bestprofit Medan

Keyakinan Investor Terhadap Ekonomi Eropa Semakin Lemah

Best profit Futures6Best Profit Futures – Perdagangan Euro pada hari ini ( 16 September) menunjukkan pergerakan menguat terhadap Rupiah pada pair EUR/IDR. Euro terpantau rebound kendati masih berada pada pola bearish tajam ditinjau dalam dua bulan perdagangan terakhir.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting mengemukakan bahwa pada analisa kurs BI hari ini Euro terpantau bergerak menguat sekitar 0.12 % terhadap mata uang Rupiah pada perdagangan valas hari ini. Data terkini kurs BI (jual) Euro dengan rate Bank Indonesia berada pada kisaran Rp. 15490.89/EUR dan kurs BI (beli) sekitar Rp. 15333.13/EUR.

Sentimen positif terhadap Euro nampak agak menguat setelah Zentrum fur Europaische Wirtschaftsforschung (ZEW) melaporkan kepada publik bahwa kendati keyakinan investor dan analis institusional terhadap ekonomi Jerman mengalami pelemahan, namun masih dapat menunjukkan kinerja yang lebih baik dari estimasi.

Perkembangan tersebut ditunjukkan dengan penurunan pada indikator fundamental German ZEW Economic Sentiment yang melemah ke angka 6.9 dari nilai pada periode sebelumnya yaitu 8.6. Laporan yang kurang menguntungkan tersebut menunjukkan kinerja yang lebih baik dari estimasi sejumlah ekonom, yang memperkirakan akan turun ke angka 5.2. Mata uang Euro terpantau bergerak naik tipis merespon perkembangan tersebut.

Sementara itu indikator ZEW Economic Sentiment yang mengukur optimisme terhadap ekonomi di kawasan Euro secara keseluruhan, dilaporkan memburuk ke angka 14.2 dari 23.7 pada periode sebelumnya. Angka ini lebih rendah dari estimasi ekonom yaitu 21.3.

Sumber : vibiznews.com