PT Bestprofit Medan

Kumpulan startup musik terbaik di Indonesia

PT. Best Profit Futures Medan – Ranah startup di bidang musik, khususnya di Indonesia memiliki potensi yang baik jika digarap dengan serius. Terus bermunculannya penyanyi dan band baru tanah air membuat industri musik Indonesia semakin bergairah dan tentu saja hal ini menjadi peluang yang besar untuk dikembangkan. Hal tersebut berbanding lurus dengan semakin banyaknya startup yang memasuki ranah ini.

Lewat artikel ini kami mengumpulkan semua startup dan layanan yang bergerak di bidang musik di Indonesia dalam satu tempat dan mengkategorikannya agar mudah untuk dibaca.


Streaming musik
MelOn Indonesia

MelOn Indonesia merupakan layanan streaming musik hasil kerjasama PT Telkom Indonesia dan SK Planet asal Korea Selatan. MelOn Indonesia menyediakan konten musik berbayar dari berbagai genre secara legal, baik dari dalam maupun luar negeri. Pengguna bisa membayar menggunakan pulsa, kartu kredit, voucher Indomog, Ipay, dan Mobile Cash.

Layanan streaming musik MelOn Indonesia juga tersedia pada platform mobile:

Google Play Store: MelOn, Gratis
iTunes App Store: MelOn, Gratis
BlackBerry App World: MelOn, Gratis
Langit Musik

Langit Musik merupakan layanan streaming musik milik Telkomsel yang bermitra dengan MelOn Indonesia. Bila MelOn Indonesia menargetkan siapa saja tanpa batasan apapun, maka Langit Musik dikhususkan untuk pengguna jaringan Telkomsel saja, sedangkan pengguna non-Telkomsel hanya memiliki akses menjelajahi beberapa lagu yang gratis. Langit Musik menerapkan metode pembayaran dengan sistem potong pulsa sesuai biaya paket yang dipilih. Layanan streaming musik Langit Musik juga tersedia pada platform mobile:

Google Play Store: Langit Musik, Gratis
iTunes App Store: Langit Musik, Gratis
BlackBerry App World: Langit Musik, Gratis

Guvera

Guvera adalah layanan musik streaming yang berasal dari Australia. Guvera menyediakan jutaan konten musik dari artis-artis lokal dan internasional secara online dan offline. Untuk dapat menikmati lagu-lagu di Guvera, Anda bisa berlangganan mulai dari Rp20.000 per minggu hingga Rp574.800 per tahun. Guvera menerapkan metode pembayaran melalui kartu kredit, Doku Wallet, dan Codapay. Selain itu, terdapat fitur sosial yang memungkinkan Anda berteman dengan sesama pengguna lainnya. Layanan streaming musik Guvera juga tersedia pada platform mobile:

Google Play Store: Guvera, Gratis
iTunes App Store: Guvera, Gratis

Deezer

Deezer merupakan layanan streaming musik yang berasal dari Prancis. Kini lagu-lagu para musisi Indonesia juga dapat diakses oleh pengguna Deezer yang tersebar hingga di 180 negara. Anda dapat menikmati semua lagunya secara gratis di bulan pertama, namun selanjutnya hanya dua jam per bulan. Bila Anda ingin mendapatkan akses streaming tanpa batas di Deezer, Anda bisa berlangganan dan membayar layanan premium Rp 73.000 per bulan. Layanan streaming musik Deezer juga tersedia pada platform mobile:

Google Play Store: Deezer, Gratis
iTunes App Store: Deezer, Gratis
BlackBerry App World: Deezer, Gratis

Ohdio.fm

Meski menyebut diri sebagai situs radio online, rasanya Ohdio.fm lebih cocok masuk dalam daftar layanan streaming musik. Situs ini menyediakan playlist lagu yang dapat mewakili suasana hati Anda, seperti lagu yang memberikan semangat, suasana sendu, sebal, dan santai. Tersedia beragam playlist yang bisa disesuaikan dengan suasana hati Anda. Selain itu, Anda juga bisa membuat playlist Radio Artis dengan memilih nama musisi yang lagunya ingin dinikmati.

Digibeat

Diluncurkan pada Februari 2014, Digibeat merupakan layanan streaming musik lokal yang berfokus menghadirkan musik sidestream bagi para penggunanya. Digibeat memiliki fitur andalan seperti “Featured Playlist” yang berisikan playlist yang telah dikurasi oleh editor Digibeat; “Explore” untuk rekomendasi album, lagu, dan new release berdasarkan genre musik; hingga “Biography” untuk menambah pengetahuan mengenai profil dan deskripsi dari para band – yang dibuat khusus oleh editor Digibeat. Mirip dengan beberapa penyedia layanan serupa, Digibeat juga dibekali “Offline Mode” untuk bisa tetap mendengarkan lagu tanpa koneksi internet. Layanan streaming musik Digibeat juga tersedia pada platform mobile:

Google Play Store: Digibeat, Gratis

KlikMusik


KlikMusik merupakan aplikasi untuk mendengarkan dan mengunduh musik secara legal. Dengan didukung belasan label di Indonesia, pengguna dapat mengunduh lagu-lagu secara resmi dengan kualitas yang baik. Melalui situsnya, KlikMusik mengklaim telah memiliki sekitar 60.000 katalog lagu dengan beragam genre yang bisa bisa dinikmati para penggunanya. KlikMusik bekerja sama dengan beberapa perusahaan penyedia layanan voucher seperi Unipin dan MOGPlay untuk mempermudah penggunanya membeli KlikMusik Credit. Aplikasi KlikMusik bisa didapat melalui:

Google Play Store: KlikMusik, Gratis
BlackBerry App World: KlikMusik, Gratis

 

Streaming video musik

MUSiiCO

MUSiiCo merupakan situs kurator video musik Indonesia. Situs yang diluncurkan pada Juli 2013 ini menyajikan berbagai genre musik seperti Jazz, Dangdut, Pop, Rock, Reggae, dan masih banyak lagi. Karena memposisikan diri sebagai kurator, semua video musik di situs ini berasal dari YouTube. MUSiiCO mengklaim akan memilihkan dan menampilkan video musik terbaik bagi penggunanya. Selain menonton, pengguna juga bisa memberikan komentar dan like pada video musik yang mereka tonton.

Digilive

Diluncurkan pada Oktober 2013, Digilive menghadirkan platform streaming konser musik di Indonesia. Melalui situs ini, pengguna bisa menonton video konser secara live maupun re-run. Digilive memiliki berbagai program di situsnya, seperti Digilive Concert, sebuah konser yang dibuat oleh Digilive sesuai dengan keinginan dan karakter musisi dan ditayangkan dalam format live streaming atau tapping. Ada pula Digilive Goes To yang mana crew startup ini mendatangi dan merekam beragam acara musik, dari pensi SMA sampai gig di klub underground. Digilive juga menyediakan berbagai fitur seperti Live Schedule, Watch the Video, dan ArtisTalk.

Sounds From the Corner

Dengan tagline “Curated Music Session Archives”, Sounds From the Corner (SFTC) berfokus mendokumentasikan musik lokal lewat konten video. Dengan kata lain, SFTC ingin menjadi referensi musik lokal bagi penggemar musik di tanah air. Selain membuat video musik khusus yang menampilkan para musisi tanah air, SFTC juga mempunyai menu Live Videos yang berisi rekaman video live dari artis di berbagai acara. Hingga saat ini, sudah ada sekitar 30 artis yang masuk dalam daftar SFTC.

Klipklip

Bisa dibilang Klipklip menyediakan layanan yang serupa dengan SFTC, yakni menghadirkan video musik lokal. Dalam menu Video yang dimilikinya, Klipklip menyajikan Klikustik, Interview, Music Events, dan Behind the Scene. Konten dari sub-menu tersebut tentunya bisa ditebak dari namanya. Selain konten video, Klipklip juga menyajikan berita seputar musik lokal seperti album atau single terbaru musisi, ulasan, berita konser, dan lain sebagainya. Klipklip juga menyajikan menu Chart untuk melihat lagu populer yang ada di situsnya.

sumber oleh : id.techinasia.com