PT Bestprofit Medan

Kumpulan startup penyedia paket travel di Indonesia

Kumpulan startup
PT. Best Profit Futures Medan – Pada tahun 2014, pertumbuhan pariwisata Indonesia mengalami peningkatan sebesar 7,2 persen. Angka tersebut bahkan disebut-sebut melampaui pertumbuhan industri pariwisata di Asia Pasifik yang meningkat sebesar lima persen dan pertumbuhan industri pariwisata dunia yang hanya meningkat 4,7 persen. Sehingga tidak mengherankan bermunculan banyak startup yang memasuki ranah travel di Indonesia. Kali ini, Tech in Asia telah merangkum enam startup penyedia paket travel tanah air.

1. Yuktravel

yuktravel

Yuktravel tidak hanya menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel, melainkan juga menawarkan paket-paket travel. Startup ini memposisikan dirinya sebagai operator paket travel online yang memungkinkan pengguna memesan paket liburan seperti tur, olahraga air, kapal pesiar, dan aktivitas liburan lainnya. Layanan travel ini menyediakan paket liburan dari berbagai tempat dan negara di seluruh dunia.

Startup ini telah berdiri selama tiga tahun. Laporan terakhir yang kami terima, Yuktravel telah memiliki sekitar 20.000 pelanggan dan pada tahun 2014 berhasil membukukan pendapatan hingga Rp30 miliar.

2. Ezytravel

Ezytravel

Ezytravel merupakan situs penyedia layanan kebutuhan travel mulai dari pemesanan tiket pesawat, pemesanan hotel, paket wisata, pelayaran, dan lainnya. Situs ini pada dasarnya adalah bagian dari ekspansi bisnis perusahaan travel terkemuka, Dwidaya Tour. Perusahaan ini telah berdiri selama 47 tahun dan baru merambahan layanan paket travel online pada tahun 2008 dengan mendirikan Ezytravel.

3. Tripvisto

Tripvisto
Tripvisto bisa dibilang merupakan pemain baru di ranah penyedia paket travel tanah air. Startup ini menyediakan berbagai macam paket travel dari berbagai negara di dunia mulai dari Asia, Australia, Afrika, Amerika, hingga Eropa.

Pada bulan Agustus tahun lalu, situs ini mendapatkan suntikan dana untuk pengembangan layanannya. Founder Tripvisto, Bernardus Sumartok, mengungkapkan bahwa pihaknya masih fokus menggarap pasar Indonesia dan secara bertahap akan menggarap pasar Asia Pasifik.

4. Gogonesia

Gogonesia

Gogonesia merupakan layanan pemesanan paket tur dan petualangan secara online. Startup ini didirikan oleh Melieyana Tjioe dengan tujuan untuk mempromosikan pariwisata Indonesia. Meski diluncurkan pada tahun 2013, Gogonesia baru mulai mendapat traksi dan perhatian lokal pada kisaran Q3 2014, khususnya saat startup ini berhasil masuk dalam program akselerasi Ideabox.

Gogonesia memperoleh pendapatan dengan menarik komisi dari operator tur yang bergabung di situsnya. Melieyana mengatakan persentase komisi tergantung pada kesepakatan yang dibuat Gogonesia dengan masing-masing operator. Dengan pendekatan bisnis case-per-case seperti ini, Gogonesia juga memiliki lebih banyak kesempatan untuk menawarkan diskon khusus untuk pelanggan.

5. Valadoo

Valadoo

Valadoo merupakan situs pemesanan paket travel online yang memungkinkan pengguna mencari beragam aktivitas atau paket liburan di tempat tertentu. Dalam situsnya, Valadoo mengklaim memiliki lebih dari 100 aktivitas dan 300 paket liburan.

Startup ini bisa dibilang cukup agresif dalam memasarkan pelayanannya. Hal ini terbukti dengan kerjasama yang dilakukannya dengan MalesBanget untuk menghadirkan video perjalanan liburan dan dengan Wego sebagai penyedia pemesanan tiket pesawat dan hotel.

6. Pikavia

Pikavia

Pikavia merupakan marketplace yang menawarkan berbagai macam paket travel dari penyedia jasa paket travel di Indonesia. Startup ini memungkinkan para agen tur menawarkan paket-paket travel mereka di platform Pikavia. Pikavia tidak mengambil komisi dari setiap penjualan paket travel, melainkan menawarkan versi freemium bagi para agen tur.

Laporan terakhir yang kami terima, Pikavia menyediakan lebih dari 386 paket tur domestik maupun internasional yang dihasilkan dari 227 agen tur yang telah bekerja sama.


Sebagian startup travel di atas masih sebatas layanan pemesanan paket travel. Akan lebih baik apabila layanan pemesanan tersebut dilengkapi dengan fitur rekomendasi paket travel, penawaran harga terbaik, dan informasi proyeksi waktu yang tepat untuk melakukan travelling.

sumber oleh : id.techinasia.com